Bimbingan Teknis

PELAYANAN KONSULTASI DAN DISEMINASI INFORMASI TEKNOLOGI REMPAH DAN OBAT

NO.

KOMPONEN

URAIAN

1

Dasar Hukum
  • Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik
  • Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan
  • Publik
  • Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Standar
  • Pelayanan Publik

2

Jam Pelayanan
  • Senin – Jumat: Jam 08.00-15.30 WIB
  • Istirahat: (Senin-Kamis): Jam 12.00 -13.00 WIB,
  • Jumat: Jam 11.30-13.00 WIB).

3

Persyaratan

Menulis identitas dan maksud konsultasi baik melalui surat/web atau datang langsung. Tamu yang datang langsung mengisi buku tamu

4

Sistem, Mekanisme dan Prosedur Pelayanan

  • Pengguna jasa dapat berkonsultasi melalui surat, email, website, atau datang langsung.
  • Pengguna jasa yang datang langsung ke Balittro, mengisi buku daftar tamu dan maksud kedatangan. Pengguna jasa melalui surat/web, jawaban disampaikan melalui proses surat menyurat
  • Pengguna jasa akan diantar atau diarahkan oleh petugas ke Kelompok Peneliti atau Jasa Penelitian,
  • Apabila hasil konsultasi menyepakati kerjasama maka
  • Kepala Seksi Jasa Penelitian (Jaslit) akan menindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku

5

Jangka Waktu Penyelesaian
  • Pelayanan konsultasi diselesaikan selama 60 menit untuk penyampaian informasi terkait. Apabila dibutuhkan pembahasan lebih mendalam bisa dila ksanakan sesuai dengan kesepakatan dengan pengguna jasa.
  • Permintaan layanan melalui surat atau email dilakukan secepatnya pada hari yang sama selama jam kerja.

6

Biaya/Tarif Tidak dipungut biaya (Rp. 0, -)

7

Produk Pelayanan Rekomendasi teknologi, publikasi, dokumen kerjasama

8

Sarana, Prasarana Ruang tunggu

9

Kompetensi dan jumlah Pelaksana 1 orang Kepala Seksi Jasa Penelitian, 1 orang Kepala Seksi Pelayanan Teknis, 1 orang Koordinator Laboratorium, dan peneliti serta fungsional tertentu sesuai kompetensi kepakaran nya

10

Pengawasan Internal Pengawasan internal dilaksanakan oleh Auditor Internal yang ditunjuk oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat

11

Penanganan Pengaduan Keluhan terhadap layanan konsultasi disampaikan secara lisan (langsung atau melalui telepon) atau secara tertulis (surat, email). Proses penanganan sesuai prosedur pengaduan masyarakat

12.

Jaminan Pelayanan Tersedia sarana prasarana yang memastikan pemberian jaminan keamanan dan keselamatan kepada pengguna jasa dengan suasana nyaman, rasa aman, bebas dari bahaya dan resiko gangguan serta kenyamanan dalam beraktivitas dari pelayanan yang diperoleh.

13

Jaminan
Keamanan dan Keselamatan Pelayanan
Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat menyediakan fasilitas untuk keamanan, kenyamanan dan keselamatan, antara
lain:

  • Petugas keamanan;
  • Sarana dan prasarana yang digunakan dalam rangka pelayanan tidak membahayakan Pengguna Jasa;
  • Kontrol akses masuk dan keluar setiap individu;
  • Sarana peralatan dan obat P3K;
  • Ruang pelayanan yang bersih dan rapi;
  • Ruang lobby;
  • Sarana parkir;
  • Toilet

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana Evaluasi dilaksanakan berdasarkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) per semester dan audit internal dan eksternal yang dilaksanakan setahun sekali

     

KONTAK KAMI

 balittro@litbang.pertanian.go.id               (0251)8321879               balittro.litbang.pertanian.go.id