SOP + CP UPBS

SOP PELAYANAN PERMINTAAN BENIH DARI UNIT PENGELOLA BENIH SUMBER (UPBS)

 

NO. KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum 1

Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

2

Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Publik

3

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan

4

Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 02/Permentan/SR.120/1/2014 Tentang Produksi, Sertifikasi, dan Peredaran Benih Bina.

5

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2010 tentang Hortikultura

6

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2004 tentang Perkebunan

7

PP Tarif Kementerian Pertanian Nomor 48tahun 2012 mengenai tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)

8

PP Tarif Kementerian Pertanian Nomor 35 tahun 2016 mengenai tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)

9

Panduan Umum UPBS Balitbangtan No.142/kpts/OT.160/1/5/2011

2 Jam Pelayanan

– Senin – Jumat : Jam  08.00 – 5.00 WIB

– Istirahat (Senin – Kamis) : Jam 12.00 – 13.00 WIB,

– Jumat : Jam 11.30 -13.00 WIB

3 Persyaratan 1

Menulis identitas dan maksud kedatangan pada buku tamu

2

 Mengisi form permintaan pelayanan.

4 Sistem, Mekanisme dan Prosedur Pelayanan
5 Jangka Waktu Penyelesaian

Penetapan waktu penyelesaian pelayanan berdasarkan : Waktu penyelesaian penyiapan pesanan, Prioritas urutan sesuai pesanan, Sarana dan prasarana yang dimiliki, Beban kerja dan jumlah pesanan, Keterkaitan proses pelayanan dengan instansi lain,Pada kondisi normal pelayanan dapat dilaksanakan maksimal 14 hari kerja

6 Biaya/Tarif

Dasar  pertimbangan  penetapan  biaya/tarif  yaitu  (peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak. Pembayaran    disetorkan    kepada    rekening    Bendahara Penerima PNBP Balittro. Dalam  hal  pemberlakuan  perubahan  biaya/tarif  pelayanan yang   belum   mendapatkan   persetujuan   dalam   peraturan pemerintah dapat menggunakan biaya/tarif  pelayanan  yang masih berlaku. Biaya/tarif  tidak  termasuk  biaya  pengemasan,  transportasi, dan karantina

7 Produk Pelayanan

Produk layanan benih tanaman rempah, obat, aromatik dan jambu mete.

8 Sarana, Prasarana

Ruang tunggu, ruang rapat, lahan untuk produksi benih, ruang pengolahan benih, gudang penyimpanan benih, rumah Persemaian, rumah kasa, ruang prosesing media tanam, rumah bibit (seedling dan setek), instalasi air.

9 Kompetensi dan jumlah Pelaksana

UPBS melayani persediaan benih rempah, obat, aromatik dan jambu mete. Petugas yang melayani berjumlah 11 orang.

10 Pengawasan Internal

Pengawasan Internal dilakukan  oleh Ahli Teknologi  Benih, Pemulia, Pengamat OPT dan Kepala Balai.

11 Penanganan Pengaduan

Keluhan terhadap layanan atau  kualitas benih disampaikan secara lisan maupun tertulis.

13. Jaminan Pelayanan

Penyediaan benih dijamin berkualitas baik selama persediaan masih ada sesuai dengan kelas benih, selama belum melampaui masa kadaluarsa.

13 Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan 1

Memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna dengan menyediakan ruang tunggu

2

Benih dikemas dalam kantong berupa karung waring dan box untuk benih rimpang-rimpang, atau dalam polybag yang berupa tanaman

3

Benih rimpang, biji dan setek   disimpan sesuai dengan persyaratan teknis

14 Evaluasi Kinerja Pelaksana

Evaluasi kinerja dikaitkan  dengan target capaian yang sudah ditentukan dan monitoring evaluasi oleh tim monev Balai

 

 

 

KONTAK KAMI

 new_upbs2019@yahoo.com                  081285977805               balittro.litbang.pertanian.go.id