Akreditasi

Akreditasi

Laboratorium Penguji Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) merupakan unit teknis  yang secara administrasi di bawah koordinasi unit Pelayanan Teknis.  Laboratorium penguji bertugas melakukan pengujian mutu komoditas yang menjadi mandat Balittro,  diantaranya tanaman rempah, tanaman obat, tanaman atsiri, unsur hara makro mikro, tanah, jaringan tanaman dan pupuk.

Dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk menghasilkan data hasil pengujian yang akurat, Laboratorium Penguji yang sudah terakreditasi sejak tahun 2005,  menerapkan sistem manajemen mutu laboratorium yang mengacu pada ISO/IEC 17025:  2017.

Pengujian dilakukan menggunakan metode standar nasional, standar internasional  atau metode modifikasi yang telah divalidasi.  Laboratorium penguji  didukung  sarana dan fasilitas peralatan yang memenuhi standar kalibrasi, sumber daya manusia yang berpengalaman serta sistem manajemen yang didasarkan pada ISO/IEC 17025 : 2017.

“Laboratorium Balittro menjaga konsistensi dan kompetensi pengujian untuk menjamin mutu hasil uji dan kepuasan costumer”.