Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Cicurug

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian Cicurug merupakan salah satu Unit Pelaksana Tugas dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITTRO) Bogor. IP2TP Cicurug terletak di Jalan Raya Tenoayu, kampung Cilayur, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. IP2TP. Cicurug berada pada ketinggian 550 mdpl dengan tipe iklim A menurut Scmidth dan Ferguson. Jenis tanah kebun didominasi oleh Latosol dengan luas lahan 8,136 Ha.

Sarwanda

Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian Cicurug dipimpin oleh seorang kepala kebun yaitu Sarwanda (NIP. 196404051991021001). Kepala IP2TP Cicurug dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh 7 pegawai yang terdiri atas 6 PNS, 1 Tenaga kontrak/honorer, dan Tenaga harian lepas yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Pada tahun 2017, IP2TP. Cicurug mengkonservasi plasma nutfah tanaman rempah, obat, dan atsiri sebanyak 185 spesies dengan 1111 aksesi. Konservasi dilakukan dalam keadaan tumbuh di lapang. IP2TP. Cicurug memiliki kebun induk temu putih.

IP2TP. Cicurug memiliki mandat utama untuk mengelola plasma nutfah tanaman pala. Berikut kondisi pertanaman pala di IP2TP. Cicurug:

Perbenihan pala
Benih pala
Tanaman pala