Balittro Dalam Pedampingan Bimtek Budidaya Jahe Merah Dan Serai Wangi Di Kabupaten Sijunjung Padang

Dalam rangka pemantapan satuan permukiman Tahun anggaran 2021 di Satuan Permukiman Padang Tarok SP.1 Kab. Sijunjung (Tahap I ) TA 2021, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumbar bekerjasama dengan Balai Penelitian TanamanRempah dan Obat dalam kegiatan Pembinaan Penguatan SDM.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja Tranmigrasi Provinsi Sumatera Barat Rini Yuliet, SP, Peneliti Pemulia Balitro Dr Melati, Msi dan Kepala UP2TP Laing Solok Unang Mansur Sp. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 14 sampai dengan16 Juni 2021 bertempat di Balai Desa Padang Tarok SP.1. dengan jumlah peserta 30 orang Transmigran Padang Tarok SP.1 mewakili 221 Kepala Keluarga.

Materi yang  disampaikan pada acara ter sebut adalah : 1) Budi Daya Jahe Merah dengan Narasumber Dr Melati, Msi.,Peneliti Pemulia Balittro; 2) Budidaya Serai wangi dengan Narasumber Unang Mansur SP., Kepala IP2TP Laing Solok; 3) Budidaya Tanaman Coklat dengan Narasumber  Ir, Syahrial Abdullah, MS.,BPTP Sumbar

Dalam kesempatan ini Balittro menyampaikan akan memfasilitasi program benih gratis siap salur dan tanam di lahan, yaitu komoditas cengkeh dan lada. Dengan mengajukan surat permohonan benih gratis dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumbar Kabupaten Sijunjung ke Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. Selain 2 komoditas tersebut, akan disalurkan pula benih sereh wangi, lada, pala, kayu manis, lemon gress masing-masing 100 batang yang diproduksi oleh IP2TP Laing.Solok.

Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan SDM di lokasi transmigrasi Padang Tarok. Bimbingan teknis mengenai budidaya dan bantuan benih gratis diharapkan dapat diaplikasikan di lapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan peserta transmigrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *