Rapat Persiapan Teknis Pendampingan Bimtek Pengolahan Tanaman Obat

Bogor, 11 Juni 2021. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat mengadakan rapat Persiapan Teknis Pendampingan Bimbingan Teknis Pengolahan Tanaman Obat bersama BPP Warung Kondang Kabupaten Cianjur dan BPP Sukalarang Kabupaten Sukabumi. Rapat persiapan teknis ini dipimpin langsung oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Dr. Evi Savitri di dampingi oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Mulyawan, SE, Kepala Sub Koordinator Pelayanan Tehnik Sujianto, S.TP.M.Abm serta Tim Kostratani Balittro.

Dari hasil rapat persiapan teknis pendampingan bimtek pengolahan tanaman obat hari ini dapat direkap sebagai berikut:

BPP Warung Kondang Kabupaten Cianjur
1. BPP Warung Kondang Kabupaten Cianjur Ibu Fitri Husniati :
Disarankan untuk bulan Juni sd Juli ini tidak dilaksanakan Bimtek Offline karena kondisi Covid 19 yang meningkat. Jika memungkinkan pelaksanaan Bimtek Offline dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 saja. Jumlah peserta 20 atau 30 Orang yang berasal dari petani milenial dan KWT.
2. Kepala Balittro Dr. Evi Savitri :
Dari hasil diskusi yang didapatkan dari BPP Warung Kondang Kabupaten Cianjur, di rencanakan kegiatan Bimtek online akan dilaksanakan Bulan Juli Akhir dan Bimtek Offline pada bulan Agustus 2021.

BPP Sukalarang Kabupaten Sukabumi
1. BPP Sukalarang Kabupaten Sukabumi:
Kegiatan bimtek dapat dilakukan sesuai jadwal yg sudah disiapkan Balittro. Disarankan Bimtek dilaksanakan di 2 sesi dengan jumlah peserta setiap sesi 25 Orang, dengan jumlah keseluruhan 50 Orang. Mhn tanaman jahe dan rempah-rempah lainnya yang sudah dijanjikan Balittro agar diberikan. Jika memungkinkan Instalasi Hidroponik pun diberikan.
2. Kepala Balittro Dr. Evi Savitri :
Dari Hasil diskusi yang didapatkan dari BPP Sukalarang Kabupaten Sukabumi, direncanakan pelaksanaan Bimtek Ofline akan dilaksanakan 2 hari.
Hari 1 : Budidaya Tanaman Rempah dan Obat
Hari 2 : Pengolahan Tanaman Rempah dan Obat
Balittro akan memberikan tanaman yang sesuai mandatnya, misalnya Tanaman Mint dan Jahe.
Dari kegiatan Bimtek Offline yang akan dilaksanakan di masing masing tempat, pihak Balittro sebelum pelaksanaan akan mengirimkan petugas yang akan membantu bagian IT dan Survey kegiatan.
Harapannya kegiatan kostratani ini akan berjalan dengan lancar dan tetap dengan protokol kesehatan. Kegiatan ini merupakan salah satu media diseminasi yang efektif untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi teknologi unggulan hasil-hasil penelitian tanaman rempah dan obat melalui pendampingan teknis, melalui offline maupun online sehingga terjadi komunikasi secara langsung antara penghasil/sumber inovasi dengan pengguna teknologi. (Efiana/Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *