Penyerahan Perhargaan Abdi Bakti Tani

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Puslitbangbun, sebagai lembaga penelitian dibawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian berkomitmen untuk  selalu memberikan layanan publik secara maksimal kepada masyarakat.

Hal tersebut sejalan dengan semangat reformasi birokrasi yang tercermin dengan adanya beberapa Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis Balitbangtan yang memperoleh penghargaan Abdi Bakti Tani beberapa tahun terakhir ini.

Jakarta, 10 – 11 Juni 2021, bertempat di Auditorium Lantai 4 Balitbangtan, Jakarta Selatan telah dilaksanakan kegiatan “Evaluasi dan Bimtek Keterbukaan Informasi”. Pada acara tersebut juga dilaksanakan penyerahan penghargaan Abdi Bakti Tani tahun 2019 dan tahun 2020.  Balittroh berhasil mendapat Plakat Abdi Bakti Tani yang diberikan oleh Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry, MSi dan diterima langsung oleh Kepala Balittro Dr. Evi Savitri Iriani didampingi oleh  Sub Koordinator Jasa Penelitian Nur Maslahah MSi.

 

Acara Evaluasi dan Bimtek Keterbukaan Informasi Publik ini dibuka langsung oleh Kepala Balitbangtan Dr. Ir Fadjry Djufry, M.Si dan dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa Balitbangtan mendapat penghargaan peringkat pertama untuk keterbukaan informasi publik di lingkup Kementerian Pertanian pada tahun 2021. Kepala Balitbangtan menyampaikan agar penghargaan yang telah diraih dapat dipertahankan ditahun-tahun berikutnya karena mempertahankan biasanya jauh lebih susah daripada memperolehnya. Kepala Balitbangtan meminta komitmen dari para pejabat pimpinan UK/UPT untuk selalu mendukung dan mensukseskan apa yang menjadi arahan Biro Humas dan Informasi Publik, Kementerian Pertanian.

 

Dalam acara ini juga dilaksanakan penandatangan Komitmen Keterbukaan Pelayanan Publik oleh pejabat pimpinan UK di Lingkup Balitbangtan serta penyampaian materi terkait Arah kebijakan pengelolaan informasi publik dimasa Pandemi Covid-19 oleh Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kementerian Pertanian, Dr. Kuntoro Boga Andri.

Kuntoro Boga Andri menyampaikan bahwa penderasan informasi sekarang bukan hanya melalui medsos tetapi melalui kanal-kanal resmi lembaga pemerintah. Publik berhak mengetahui anggaran yang sudah digunakan oleh Kementan melalui keterbukaan pelayanan publik. Penyampaian materi selanjutnya oleh Komisioner Komisi Informasi Pusat, menyampaikan bahwa informasi hasil inovasi Balitbangtan harus disampaikan secara berulang-ulang sehingga lebih bisa dipahami oleh masyarakat Indonesia. Riset inovasi merupakan jantung kemajuan sebuah Bangsa dan Negara.

Sungguh sangat bangga Balittro berhasil mendapatnya plakat tersebut. Ini merupakan suatu pembuktian bahwa pelayanan publik yang dilakukan oleh Balittro dapat dirasakan nyata oleh masyarakat. Selamat dan sukses untuk Balittro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *