Bimbingan Teknis Peningkatan Kapabilitas Penanganan OPT Lada

Bogor, 27 – 29 Mei 2021. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat melakukan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapabilitas Penanganan OPT Lada dengan jumlah peserta 20 orang yang berasal dari Direktorat Perlindungan Perkebunan, Ditjenbun Jakarta.

Kegiatan Pendampingan Teknis ini di buka oleh Kepala Balittro Dr. Evi Savitri Iriani dan didampingi Sub Koordinator Jasa Penelitian Dra. Nur Maslahah, MSi. Materi yang disampaikan pada Bimbingan Teknis saat ini diantaranya 1) Pengenalan dan Pengendalian Penyakit Busuk Pangkal Batang dan Penyakit Penting Lada Lainnya dengan narasumber Dr. Dyah Manohara; 2) Pengenalan dan Pengendalian Penyakit Kuning Lada dengan narasumber Dr. Retno Djiwanti; 3) Pengenalan dan Pengendalian Serangga Hama Utama Lada dengan narasumber Ir. Tri L. Mardiningsih, MSc; 4) Hama, Penyakit dan Pasca Panen Lada dengan narasumber Prof. Ir. Loekas Soesanto, MS, Ph.D dari Universitas Soedirman Purwokerto; 5) Kunjungan Lapang dengan narasumber Dr. Molide Rizal

Romauli Siagian, MSc selaku ketua rombongan peserta bimbingan teknis menyampaikan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas Direktorat Jenderal Perkebunan khususnya Direktorat Perlindungan Perkebunan terkait Budidaya dan penanganan OPT, yang dalam kesempatan ini khusus penanganan OPT tanaman Lada dengan jumlah peserta 20 Orang. Diharapkan materi yang disampaikan oleh narasumber dapat diserap dan menjadi bekal ilmu para petugas Direktorat yang nantinya akan disebarkan ke para petani di lapangan, “ujarnya.

Dalam Sambutannya Dr. Evi. Savitri Kepala Balittro mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Perlindungan Perkebunan, Ditjenbun Jakarta yang telah mempercayai Balittro untuk menjadi Pendamping teknis Peningkatan Kapabilitas Penanganan OPT Lada bagi para petugas Direktorat. Semoga pembelajaran dan diskusi yang diperoleh selama di Balittro ini dapat meningkatkan kualitas petugas Direktorat, membawa manfaat dan berharap tanaman rempah Indonesia makin berkembang dan Maju,” ujarnya.

Kegiatan Bimbingan teknis ini dilaksanakan selain pemaparan materi dan diskusi interaktif oleh narasumber, dilakukan pula kunjungan lapang ke Kebun Percobaan Sukamulya, Unit pengelola Benih Sumber (UPBS) dan Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat serta diakhiri dengan penyerahan sertifikat. (Efiana/Balittro)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *