Pendampingan Bimbingan Teknis Tanaman Perkebunan Lada dan Kopi

Tanggamus Lampung, 30 April 2021. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) dalam naungan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbang Pertanian) telah menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) budidaya tanaman lada yang di laksanakan di Kota Agung Timur, Tanggamus Lampung. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati, Ketua DPRD, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Pertanian Kabupaten Tanggamus, Puskeswan Pulau Panggung, UPTD Pengawasan Benih, beberapa Kelompok tani dan KWT Bunda Asri dengan jumlah peserta 125 orang. Pelaksanaan kegiatan Bimtek ini tetap menerapkan protokol Kesehatan.
Acara di awali sambutan Kapuslitbangbun Ir Syafaruddin, PhD dilanjutkan ucapan selamat datang dan sambutan oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani serta Sambutan dan arahan oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, SE.

Dalam sambutannya Kapuslitbang Perkebunan Ir. Syafaruddin Ph.D sebagai yang mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan bimtek tanaman perkebunan lada dan kopi ini bertujuan sebagai hilirisasi varietas unggul Balitbangtan Kementerian Pertanian, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam pelaksanaan teknis budidaya lada yang baik dan benar, mendapatkan umpan balik dari petani lada yang ada di Tanggamus Lampung, sehingga output terakhirnya produksi meningkat dan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga petani.

Ketua komisi IV DPR RI Sudin , SE menyampaikan ucapan terimakasih kepada Badan Litbang Kementan atas pelaksanaan Bimtek dan pemberian benih lada kepada kelompok tani khususnya kepada kempok tani di Tanggamus, Ia menyatakan bahwa bimtek ini sangat penting untuk menambah wawasan penyuluh terkait inovasi teknologi dalam budidaya tanaman lada. Dengan kerja keras petani dan didukung teknologi oleh Balitbangtam Kementan akan membuat pertanian di Tanggamus ini lebih maju dan modern. Harapan akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani tegasnya.

Selesai acara sambutan dilanjutkan dengan penyerahan benih lada dan kopi dari Balitbangtan kepada kelompok tani, pemaparan materi bimtek.teknologi budidaya tanaman lada yang disampaikan oleh peneliti Ekofisiologi Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat oleh Dr Gusmaini. Dalam paparanya Gusmaini berharap kepada para peserta bimtek, agar melalui kegiatan bimtek ini petani dapat menerapkan budidaya lada sesui SOP yang baik dan benar, supaya produksi yang dihasilkan bisa optimal.

Dalam paparannya, Gusmaini menyampaikan bahwa penerapan SOP budidaya lada dapat memperbaiki kondisi eksisting lebih baik lagi, sehingga produktivas meningkat. Namun, Gusmaini menekankan bahwa hasil tersebut dapat dicapai apabila menerapkan seluruh komponen teknologi secara baik dan benar. Gusmaini menambahkan bahwa penggunaan Varietas Unggul, pengaturan drainase, populasi tanaman baik lada dan tiang panjat, pemupukan berimbang, pemberian bahan organic, dan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) adalah beberapa komponen teknologi kunci yang wajib diterapkan petani untuk mendapatkan hasil yang optimal. Setelah pemaparan materi dari narasumber, acara dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab kemudian dilanjut dengan tinjauan lapangan di lahan petani.


Tinjauan lapang dilakukan ke beberapa kecamatan antara lain di Pulau Panggung dan Air Naningan untuk melihat langsung kondisi eksisting perkebunan lada di kedua kecamatan tersebut. Pada kunjungan ini tim melihat lokasi yang akan dijadikan demplot sebagai percontohan yang akan menerapkan teknologi budidiya lada yang telah dihasilkan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. Dengan demikian petani nantinya dapat melihat langsung penerapan budidaya yang baik dan benar, sehingga dapat mengadopsi teknologi tersebut.

Adanya kegiatan ini diharapkan peserta dapat melakukan teknis budidaya lada yang baik dan benar seuai dengan SOP, sehingga berdampak pada peningkatan produktivitas; selain itu pula mengetahui cara dan proses pengajuan sertifikasi benih; dan mendapatkan umpan balik dari petani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *