Pengembangan Vanili di Kalbar Perlu Dukungan Varietas Unggul

Bimbingan teknis produsen benih tanaman perkebunan khususnya vanili yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat merupakan program pembinaan penangkar dari Ditjen Perkebunan, Direktorat Perbenihan Tanaman Perkebunan.  Bimtek ini dilakukan pada 9-10 April 2021, yang ikuti oleh penangkar perkebunan, dan petani vanili dari seluruh kabupaten/kota di provinsi Kalimantan Barat (kecuali 1 kabupaten Kapuas Hulu tidak ikut serta). Bimtek di buka oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar Bapak Heronimus Hero SP. MSi. Beberapa materi yang disampaikan yaitu tentang kebijakan perbenihan tanaman perkebunan oleh Ibu Santi FS, dari Direktorat Perbenihan, Dirjenbun. Kemudian dilanjutkan dengan Pengenalan Varietas dan Perbanyak Benih Vanili, Budidaya dan Pasca Panen Vanili oleh Balittro.

Vanili di Kalbar sudah dikembang kira-kira dengan kebun seluas 2 ha di Bengkayang oleh petani Pak Harwo. Vanili yang ditanam di Bengkayang ini, benihnya berasal dari Temanggung yang merupakan salah satu daerah sentra vanili di Jawa, dan saat ini telah beberapa kali panen buahnya. Harga vanili yang sudah dipermentasi di pasar lokal Kalimantan Barat sekitar 3-4 juta. Melihat keberhasilan Pak Harwo, vanili mulai berkembang/diminati para petani ke kabupaten lainnya seperti Kubu Raya, Sambas dan Sanggau. Untuk memenuhi permintaan benih vanili di Kalbar, Pak Harwo berkeinginan untuk menjadi penangkar benih vanili. Sebagai petani milenial, tentu beliau sadar betul bahwa benih yang diperjual belikan harus bersertifikat dan berlabel. Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2019 tentang Sistem Budi Daya Pertanian Berkelanjutan pada Bab V Perbenihan dan Pembibitan, pasal 30 ayat 4, Setiap Orang dilarang mengedarkan benih unggul yang tidak sesuai dengan standar mutu, tidak bersertifikat, dan/atau tidak berlabel. Kemudian pada Bab XX, Ketentuan Pidana, pasal 115 bahwa setiap orang yang mengedarkan benih unggul yang tidak sesuai dengan standar mutu, tidak bersertifikat, dan/atau tidak berlabel sebagaimana dimaksud dalam Pasal 30 ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan pidana denda paling banyak Rp 3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah). Menyadari hal tersebut Pak Harwo telah mengirim surat  permohonan pemurnian vanili sebagai sumber benih ke Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar.

Pemurnian varietas merupakan suatu usaha pengembalian mutu sesuai dengan keadaan varietas yang baku pada varietas yang sudah lama dilepas, atau memantapkan sifat-sifat unggul suatu varietas yang belum dilepas namun sudah tersebar/digemari dominan disuatu daerah. Mengembalikan mutu suatu varietas, baik varietas unggul yang telah berkembang disuatu daerah maupun varietas yang telah lama dilepas dari kontaminasi type simpang, sehingga menunjukan keseragaman baik pada fase vagetatif maupun generatifnya yang merupakan bentuk hasil yang dipanen sesuai dengan deskripsi varietas yang baku, atau kemantapan sifat-sifat unggul suatu varietas lokal yang belum dilepas, namun sudah tersebar/digemari/dominan disuatu daerah. Menurut pemulia tanaman (Dra. Endang HP, MS., dan Drs Cheppy Syukur), untuk pemurnian vanili di Bengkayang maka diperlukan informasi asal-usul benih tersebut, selain itu perlu dilakukan pengujian baik secara genotif (genetik/molecular) maupun fenotif oleh pemulia di lembaga terkait. Bila secara genetik dan  fenotif sama dengan varietas unggul vanili yang sudah dilepas diantara Vania 1, Vania 2 atau Alor, maka pemulia dapat memberikan rekomendasi untuk dilakukan pemurnian. Namun bila vanili di Benkayang secara genotif dan fenotif berbeda dengan varietas vanili yang telah dilepas, dan sudah berkembang/digemari di daerah tersebut maka mungkin dapat lepas sebagai varietas lokal, dengan mengikuti syarat-syarat pelepasan varietas lokal.  Atau bisa juga dengan membangun kebun induk dengan varietas unggul nasional yang sduah dilepas yaitu Vania 1, Vania 2 atau Alor.

Untuk evaluasi dan penetapan kebun induk harus berpedoman pada Kepmentan RI No.08/KPTS/KB.020/1/2018 tentang Pedoman Produksi, Sertifikasi, Peredaran dan Pengawasan Benih Tanaman Vanili (Vanilla planifolia). Pengembangan vanili di Kalbar saat ini banyak diminati petani milenia karena harga yang cukup baik dan mudahnya perawatan, untuk hal tersebut perlu direspon dengan baik, yang diantaranya dengan penyediaan benih unggul yang bermutu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *