Pengenalan Tanaman Rempah dan Obat Pada Bimtek Padat Karya Balittro

Bogor, 17 Maret 2021. Demi membantu meringankan beban masyarakat, khususnya masyarakat yang terdampak Covid-19. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat mendapatkan mandat untuk menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Padat karya Tunai (PKT/Cash for Work). Peserta Bimtek akan mendapatkan pembinaan dan pengenalan tanaman rempah dan obat, dan dikaryakan dalam berbagai kegiatan melalui bimtek ini.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, yang diwakili Sub Koordinator Jasa Penelitian Balittro Dra. Nur Maslahah, MSi, didampingi Tim pelaksana lapang Balittro. Kegiatan ini dihadiri 70 orang peserta yang berdomisili sekitar kantor Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat yang berasal dari berbagai profesi diantaranya buruh tani, buruh harian, Ibu rumah tangga, pedagang, tukang ojek, dll, sesuai KTP pendaftaran.

Dalam sambutannya Sub Koordinator Jasa Penelitian, menyampaikan rasa terima kasihnya atas peran aktif dan antusias peserta dalam kegiatan Bimtek padat karya ini, serta tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak, dan menggunakan masker. Kegiatan ini sebagai wujud komitmen menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat yang terdampak pandemi virus Covid-19. Adapun agenda kegiatan Bimtek padat karya di kantor Balittro ini yaitu pengenalan tanaman rempah dan obat dilanjutkan dengan bersih2 sekitar kantor yang akan di pandu oleh Bapak Supriyanto beserta tim dengan dibagi 4 kelompok diantaranya kelompok petak pamer, kelompok halaman kantor, kelompok UPBS dan kelompok lapangan tenis.

Sebelum bimbingan teknis padat karya ini dimulai dilakukan doa bersama terlebih dahulu dilanjutkan dengan yel-yel penyamangat “Bimtek Padat Karya Semangat, Balittro Yes Kementerian Pertanian Oke” yg dipimpin oleh Sub Koordinator Jasa Penelitian Dra. Nur Maslahah, MSi.

Peserta yang hadir mendapatkan seminar kit berupa kaos, hand soup, roll on Essensial oil Eucalyptus, masker, minyak kayu putih, balsem Eucalyptus, serta uang saku dan uang transport.

Harapannya peserta dapat memanfaatkan ilmu yang diberikan melalui bimtek padat karya hari ini dan termotivasi untuk memanfaatkan tanaman rempah dan obat khususnya untuk kesehatan serta selalu semangat walaupun dalam keadaan pandemi covid 19. (Efiana/Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *