Monitoring dan Evaluasi Pertanaman Lada di IP2TP Cibinong

Cibinong, 5 Maret 2021 Tim Penelitian Lada Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) mengadakan monitoring dan evaluasi pertanaman lada di IP2TP Cibinong. Kegiatan monev kali ini didampingi langsung oleh Kepala IP2TP Cibinong yaitu Totong Sugandi. “Secara umum, lada hibrida yang ada di IP2TP Cibinong ini tumbuh dengan baik” ujar Dr. Ir. Nurliani Bermawie selaku Ketua Tim Penelitian Lada.
Pada kesempatan kali ini, Totong Sugandi menyampaikan beberapa permasalahan budidaya lada yang sedang dihadapi oleh IP2TP Cibinong. Permasalahan utama pada budidaya lada adalah serangan OPT berupa rayap. Serangan OPT ini membuat beberapa tajar hidup menjadi rapuh bahkan mati. Solusi dari permasalahan ini adalah aplikasi pestisida berupa furadan dalam pengendalian serangan OPT tajar hidup.
Kegiatan monev kali ini juga mendiskusikan terkait beberapa langkah strategis yang akan ditempuh dalam menghadapi musim kemarau. Harapannya kegiatan monev ini dapat meningkatkan pertumbuhan lada khususnya di IP2TP Cibinong. Kerjasama tim penelitian dengan IP2TP yang baik juga sangat diperlukan agar tujuan dari penelitian dapat tercapai secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *