Pelaksanaan Seminar Proposal Balittro 2021

Sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Unit Kerja Pusat Penelitian Tanaman Perkebunan (Puslitbangbun), Balittro memiliki tugas dan fungsi sebagai penghasil teknologi dan kebijakan khususnya di bidang tanaman rempah, obat, atsiri dan jambu mete. Pada tanggal 24-26 November 2020 telah dilakukan pelaksanaan evaluasi rencana proposal penelitian (RPTP dan ROPP) untuk tahun anggaran 2021 via Zoom Meeting.

Penyelenggaraan seminar ini membahas 18 RPTP yang terdiri dari 12 RPTP in house, 5 RPTP PRN penyediaan bahan baku tanaman obat terstandar, dan 1 RPTP PRN penyediaan bahan baku antioksidan dan antiaging terstandar. Pelaksanaan evaluasi masing-masing RPTP dilakukan oleh dua evaluator yang mayoritas berasal dari eksternal balai dengan pertimbangan kesesuaian bidang ilmu dan keahlian yang diharapkan memperkuat arah dan tujuan penelitian, memperkuat khasanah keilmuan (scientific recognition) dan pemanfaatannya terhadap hasil penelitian kedepan (impact recognition). Para evaluator yang telah memberikan sumbangsih, pemikiran serta saran terhadap kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ir. Budi Marwoto, MS, Dr. Ir, Muhammad Sabran, M.Sc., Dr. Ir. I Made Tasma, M.Sc., Dr. Ir I Ketut Ardana, M.Si, Prof. Dr. Sri Widowati, Dr. Ir. Sri Yuliani, M.T, Joko Pitoyo, PhD, Prof. Dr. Rubiyo, M.Si., Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc.,Dr. Adang Agustian, MP., Prof.Dr.Ir. Elna Karmawati, MS., Prof. Ir. Supriadi, M.Sc., Dr. Ir. Muhammad Yusron, M.Phil., Dr. Ir. Dwinita Wingkan Utami, M.Sc.


Kegiatan evaluasi seminar proposal ini dibuka dan ditutup oleh Kepala Balittro, Dr. Ir. Evi Savitri Iriani, M. Si. dan dibagi menjadi 2 sesi (pagi dan sore). Kegiatan seminar dipimpin langsung oleh moderator yang mengatur jalanannya pembahasan dan dibantu notulis dalam mencatat hal-hal penting dalam acara. Adapun moderator yang bertugas Dr. Melati, Rudi Suryadi, M.Si, Dr. Ir. Setyowati Retno Djiwanti, Raden Hera N., SP.M.Sc., dan Dr. Ireng Darwati. Penyelenggaraan ini merupakan wujud kerjasama semua pihak serta penyelengggara secara teknis dalam hal ini yaitu, Koordinator Program, seluruh pimgram, kelti dan seksi pelayanan teknis Balittro.

Leave a Reply

Your email address will not be published.