Penyusunan Pedoman Penerapan Budidaya Cengkeh yang Baik

Hotel Sahira, 22 -25 Oktober 2019. Peran serta para Peneliti Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Dr. Nurliani Bermawie, Dr. Melati dan Ir. Agus Ruhnayat sebagai narasumber Kegiatan Penyusunan GAP (Good Agricultural Practices) Tanaman Cengkeh yang diselenggarakan Direktorat  Tanaman Rempah dan Semusim, Ditjenbun Kementan Jakarta.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Tanaman Rempah dan Semusim Ditjenbun Kementan Dr. Agus Wahyudi. Dihadiri pula oleh Kepala Balittro Dr. Evi Savitri Iriani, M.Sc, Kasie Yantek Balittro Sujianto, STP., MSc. Perwakilan dari Ditjen Perlindungan Tanaman dan Ditjen Perbenihan.

Cengkeh merupakan salah satu tanaman  rempah strategis. Namun produksi dan produktivitasnya masih rendah antara lain karena penggunaan bahan tanaman unggul masih terbatas, teknologi budidaya yang diterapkan belum mengikuti anjuran, tanaman sudah tua dan serangan hama dan penyakit.  Untuk meningkatkan produksi,  produktivitas dan mutu perlu disusun pedoman penerapan budidaya cengkeh yang baik (Good Agricultural Practices/GAP), yang diharapkan pada akhirnya  dapat meningkatkan daya saing dan pendapatan petani.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *