Kunjungan Wisata Edukasi SMP Negeri 2 Pasar Kemis Tangerang Jakarta ke Balittro

Selasa, 20 Februari 2019, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) menerima Kunjungan Wisata Edukasi dari siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pasar Kemis Tangerang Jakarta sebanyak 425 orang.
Kegiatan ini merupakan program Observasi Study Lingkungan (OSL) dan Karya Tulis Siswa (KTS), ujar Diding Sudarman, S.Pd., Msi selaku Kepala Sekolah SMPN 2 Pasar Kemis Tangerang Jakarta.

Kebun Koleksi Tanaman Obat dan Atsiri sebagai obyek wisata yang merupakan salah satu program diseminasi Badan Litbang Pertanian yang memanfaatkan usaha pertanian berbasis tanaman obat dan atsiri dapat melestarikan budaya bangsa dan melestarikan budaya tanaman obat serta teknologi lokal yang umumnya telah sesuai dengan kondisi lingkungan alamnya, mampu memberikan manfaat bagi industri obat farmasi, bioretik, makanan dan minuman, kalangan pendidikan, wisatawan, petani terutama untuk pemahaman terhadap khasiat dan kegunaan obat dan atsiri kepada semua lapisan masyarakat, juga dapat menjalin usaha dibidang pertanian.

Wisata tanaman obat dan atsiri adalah obyek wisata pertanian yang menarik, unik, dan mempunyai potensi untuk dikembangkan, masyarakat mulai melirik obat-obatan tradisional yang memang khasiatnya tidak kalah dengan obat-obatan modern dan harganya jauh lebih murah. Banyak masyarakat yang kembali sehat dengan obat-obatan tradisional sehingga membuat konsumen ingin mengetahui lebih banyak akan tanaman obat mulai dari bentuk fisik, cara budidaya, khasiatnya hingga penggunaan obat yang benar. Taman Koleksi Tanaman Obat khususnya bagi pengunjung dunia pendidikan menjadi alternative wisata edukasi. (Efiana/Balittro)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *