KTNA Perwakilan 16 Kecamatan Ogan Hilir Berkunjung Sekaligus Belajar Tanaman Obat

Pagi ini (23/11) Balittro menerima kunjungan dan studi banding dari Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Ogan Hilir, yang dikoordinir oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Ogan Hilir Indralaya.

Sebagai ketua rombongan Hj. Maryati Ridho memaparkan maksud dan tujuan yaitu untuk mengenal tanaman obat, mengetahui manfaat dan bagaimana pengolahan dari hasil tanaman obat, dengan membawa rombongan perwakilan dari 16 Kecamatan yang masing-masing daerah merupakan daerah khusus perkebunan, padi, dan daerah penghasil hortikultura akan tetapi untuk tanaman obat sendiri belum ada. Ketua rombongan menyampaikan salam dari Bupati Ogan Hilir yang sebenarnya ingin juga berkunjung serta melihat langsung mengenai tanaman obat serta proses dan pengolahannya yang nantinya sebagai pemanfaatan lahan yang belum dimanfaatkan secara maksimal.

Rombongan diterima oleh Ir. Ana Bagem Sembiring mewakili Kepala Balai, memberikan sambutan serta sedikit menerangkan mengenai profil Balittro serta memberikan uraian mengenai berbagai koleksi tanaman obat manfaat, kegunaan serta bagaimana suatu proses pengolahan tanaman obat bisa dimanfaatkan dengan baik.

Kunjungan dilanjutkan ke Kebun Wisata Ilmiah untuk melihat secara langsung tanaman obat dengan dipandu oleh Dedi Rosadi yang mendampingi secara langsung mengenai bentuk, nama, dan kegunaan tanaman obat koleksi di KWI. Kegiatan berlanjut ke griya jamu dimana disana pengunjung dapat melihat periuk-periuk dengan berbagai olahan tanaman obat dengan berbagai macam kegunaan dan manfaat untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *