Kunjungan Dinas Kab. Boyolali

Dinas Pertanian Kabupaten Boyolali hari ini (23/2) berkunjung ke Balai Penelitian tanaman Rempah dan Obat sebagai tindak lanjut pelatihan yang diterima dengan melakukan orientasi lapangan, yang di wakili oleh Ir. Joko Hartono wakil sekretaris kab Boyolali, diterima langsung oleh kepala Balittro Dr. Wiratno mengenai manajemen dan pembudidayaan tanaman lada, dengan nara sumber Dr. Dono Wahyuno memaparkan mengenai budidaya lada yang ramah lingkungan serta permasalahannya.

Permasalahan umum petani lada adalah keterbatasan modal, kurangnya managemen, pembibitan, dan pasca panen, harapan kunjungan kali ini ialah untuk mendapatkan bimbingan dan merubah itu semua menjadi lebih baik ke depannya, khususnya untuk para petani lada di kabupaten Boyolali. Narasumber memaparkan perlakuan-perlakuan yaitu dengan memanfaatkan kelebihan dan kekurangan masing-masing daerah untuk hasil yang lebih baik dalam penanaman lada.

Penanganan lada sebisa mungkin menggunakan bahan kimia sintetis seminimal mungkin yaitu dengan melakukan pencegahan sedini mungkin sebelum terkena penyakit atau virus pada tanaman lada di petani. Dengan cara tidak membawa bibit tanaman lada yang tidak jelas sumbernya, melakukan sendiri pembibitan supaya lebih terkontrol penanganan hama dan penyakitnya. Melakukan pengawasan rutin, pembersihan lahan dan pemangkasan, pembuatan saluran air terutama saat musim penghujan serta pemupukan yang menyesuaikan dengan umur dan kondisi tanaman lada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *