BALITTRO Siap Dampingi Masyarakat NTT dalam Pengembangan Tanaman Aromatik

Bogor, 12 Mei 2022 Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITTRO) menerima kunjungan dari Bapak Mardiyanto, salah satu karyawan swasta yang akan mengembangkan tanaman aromatik di wilayah NTT. Kunjungan kali ini diterima langsung oleh Dr. Ir. Evi Savitri Iriani, M.Si. (Plt. Kepala BALITTRO), Dra. Nur Maslahah, M.Si. ( Sub. Koordinator Jasa Penelitian), Rudi Suryadi, S.P., M.Si. (Ketua Kelti Ekofisiologi), Ir. Nurliani Bermawie, Ph.D. (Koordinator Program sekaligus Pemulia Cengkeh), Dr. Sukamto (Koordinator Rempah sekaligus Peneliti Proteksi Tanaman), Ir. Octivia Trisilawati, M.Sc. (Koordinator Atsiri sekaligus Peneliti Ekofisiologi), Dra. Endang Hadipoentyanti, M.S. (Pemulia nilam dan vanili), dan Ir. Agus Ruhnayat (Peneliti Ekofisiologi).

Adapun tujuan dari kunjungan Bapak Mardiyanto adalah untuk memperoleh informasi mengenai budidaya tanaman aromatik (nilam dan vanili), pala, cengkeh, dan tanaman rempah lainnya. Informasi yang didapatkan hari ini akan digunakan untuk mengedukasi masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) terutama daerah Flores dalam rangka pengembangan tanaman aromatik. “Semua Peneliti dan pakar terkait tanaman aromatik sudah hadir di ruangan ini mulai dari Pemulia, Peneliti Ekofisiologi, sampai Peneliti Proteksi. Silahkan kalau ada yang ingin Bapak tanyakan secara detail dan mendalam” terang Dr. Evi saat membuka diskusi pagi ini.

Pada kesempatan kali ini, Bapak Mardiyanto menceritakan kondisi pertanian terutama tanaman aromatik di wilayah NTT. BALITTRO siap mendampingi kegiatan pengembangan tanaman aromatik di wilayah NTT. Semoga kerjasama antara Balittro dengan masyarakat NTT dalam pengembangan tanaman aromatik dapat berjalan lancar dan sukses, Aamiin.