Kunjungan Komunitas Wanita Kreatif Serpong ke BALITTRO

Bogor, 19 Januari 2021. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITTRO) menerimaan kunjungan Komunitas Wanita Kreatif Serpong Utara Tangerang Selatan yang berjumlah 100 Orang. Kunjungan ini diterima oleh Sub Koordinator Jasa Penelitian Dra. Nur Maslahah, MSi., Dedi Rosadi selaku Pemandu Lapang, Entjep Rahmat selaku pemandu Lapang dan Tim Jasa Penelitian Balittro. Walaupun kondisi Indonesia saat ini stabil dari covid 19, penerimaan kunjungan yang berjumlah 100 orang ini tetap menerapkan protokol Kesehatan yang ketat.

Komunitas ini terdiri dari beberapa kelurahan, selain membina anggota dari segi rohani juga menuntun dan menggali beberapa ilmu yang bermanfaat. Pada kesempatan ini komunitas wanita kreatif Serpong Utara memilih Balittro sebagai tempat untuk menggali ilmu yang terkandung pada tanaman rempah dan obat khususnya yang bermanfaat untuk kesehatan, “ ujar Tonny Sudarsono selaku pembina Komunitas Wanita Kreatif Serpong Utara.

Indonesia kaya akan berbagai jenis tumbuhan lebih dari 7000 jenis diketahui berkhasiat obat. Ragam budaya dan ragam etnis kurang lebih 1128 etnis. Pengetahuan/kearifan lokal dalam pemanfaatan tumbuhan untuk perawatan dan kesehatan merupakan warisan budaya yang harus dimanfaatkan, dilestarikan dan dikembangkan untuk peningkatan kesehatan, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Tanaman Obat memiliki beberapa fungsi diantaranya 1) Melancarkan peredaran darah; 2) membuang racun-racun dalam darah; 3) meningkatkan daya tahan tubuh; 4) Preventif pencegahan penyakit : anti penuaan dini, anti oksidan, meningkatkan stamina, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, meningkatkan daya tahan tubuh; 5) Promotif : peningkatan kesehatan, meningkatkan fungsi organ vital; 6) Kuratif : penyembuhan penyakit, mengobati penyakit; 7) Rehabilitatif : pemulihan kesehatan, memperbaiki sel/jaringan yang rusak

Dalam Penerimaan kunjungan Komunitas Wanita Kreatif Serpong Utara Tangerang Selatan di perkenalkan tentang sejarah Balittro, pengenalan varietas Balittro, pengenalan tanaman obat keluarga beserta khasiatnya, pengenalan Kebun percobaan yang dimiliki Balittro dan dilanjutkan dengan diskusi interaktif. Kegiatan ini diakhiri dengan kunjungan lapang ke Kebun Wisata Ilmiah Tanaman Obat.

Diharapkan ilmu yang dibagikan pada hari ini dapat membawa manfaat dan kerjasama yang erat antara Komunitas Wanita Kreatif Serpong Utara Tangerang Selatan dan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. (Efiana/Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published.