Tanam Bersama dan Pembagian Benih Jahe, serta Penandatanganan Perjanjian Kerjasama

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) menggelar acara penanaman bersama dan pembagian benih jahe serta penandatanganan surat perjanjian kerjasama pada Hari Senin, 22 November 2021 di Desa Tangkil, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor.

Acara dihadiri oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Kepala BPTP DKI Jakarta, Kepala BPTP Jawa Barat, Kepala Balittro, Kepala Dinas Tanaman Hortikultura dan Perkebunan, Camat, Kapolsek, Kepala BRI Cabang Caringin, para petani, para peneliti kegiatan RPIK jahe dan para undangan.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Riset Pengembangan Inovatif dan Kolabolratif (RPIK-jahe). Dalam laporannya, Kepala Balai Penelitian Tanaman rempah dan Obat, Dr. Ir. Evi Savitri Iriani menyampaikan bahwa Dalam implementasi kegiatan RPIK ini tentunya Badan Litbang Pertanian tidak bisa bekerja sendiri, butuh dukungan dan Kerjasama dengan para stakeholder. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, Balitbangtan menginisiasi Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk keberlanjutan membangun kawasan pengembangan budidaya jahe. Salah satunya bisa menggandeng pihak Perbankan untuk bisa menyalurkan KUR kepada para petani di Kawasan pengembangan jahe yang sudah mau mengimplementasikan teknologi dan GAP maupun GHP yang sudah disosialisasikan. Peluang kerjasama dengan para offtaker seperti asosiasi eksportir jahe, industri bumbu dan flavor untuk menampung hasil produksi para petani.   Hal lain yang juga sangat penting adalah pembangunan kelembagaan baik di on farm maupun off farm.  Tanpa adanya kelembagaan yang kuat, maka posisi tawar petani dalam upaya peningkatan daya saing dan nilai tambah produk jahe akan lemah.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Bapak Ir. Syafaruddin, Ph.D mengungkapkan bahwa Kec. Caringin termasuk wilayah yang sangat beruntung karena menjadi wilayah yang terpilih dari sekian banyak Kawasan pengembangan budidaya jahe untuk dilaksanakannya kegiatan ini. Beliau sangat mengapresiasi dukungan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam pelaksanaan kegiatan RPIK ini, juga kepada para petani, para mitra, serta para peneliti.  Harapannya model Kawasan pengembangan jahe yang akan dikembangkan ini akan menjadi contoh dan direplikasi oleh semua petani jahe yang ada di Kawasan, maupun seluruh Indonesia. Kepala Dinas Tanaman Hortikultura dan Perkebunan serta Camat Caringin juga sangat mengapresiasi adanya kegiatan RPIK ini, karena akan mendorong majunya pengembangan budidaya jahe di wilayah Jawa Barat. (Rismayani/Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *