PENDAMPINGAN DAN BIMBINGAN TEKNIS DI FOOD ESTATE KALIMANTAN TENGAH

6 November 2021 Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan Pendampingan dan Bimbingan Teknis Komoditas Perkebunan di Food Estate Kalimantan Tengah yang diadakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. Kegiatan Pendampingan dan Bimbingan Teknis diadakan di desa Terusan Mulya Kecamatan Bataguh Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah. Pendampingan dan Bimbingan Teknis dihadiri sebanyak 120 petani dari Desa Terusan Mulya dan Desa Terusan Karya.

Kegiatan pendampingan dan bimbingan teknis ini dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan yang diwakili oleh Koordinator Substansi Kerja sama dan Pendayagunaan Hasil Pertanian Dr. Tedy Dirhamsyah.

Materi yang disampaikan oleh Hera Nurhayati, SP., M.Sc dan Indah Kurniasari SP., M.Si adalah tentang pascapanen dan pengolahan hasil jahe, kunyit dan temulawak. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan praktek pembuatan minuman jahe merah khususnya kepada kelompok wanita tani. Harapannya dengan adanya kegiatan ini petani dapat mengolah hasil panennya sehingga mampu meningkatkan nilai tambah dari produk yang dihasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.