Bimbingan Teknis Perkebunan Lada di Tanggamus

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan melaksanakan bimbingan teknis perkebunan lada. Acara dibuka oleh kepala Balittro, Dr. Evi Savitri Iriani, selalu penanggung jawab harian Riset Pengembangan Inovative Kolaborasi (RPIK) rempah, lada serta dihadiri langsung oleh sekdis perkebunan dan peternakan, Ir. Wakijan. Dalam kesempatan tersebut juga hadir tim Politeknik Negeri Lampung (Polinela) sebagai langkah awal sinergitas lembaga penelitian, Perguruan tinggi dan petani.

Acara bimtekbtersebut dihadiri oleh para perwakilan kelompok tani lada di kecamatan airnaningan dan kecamatan Pulau panggung, dengan peserta 109 orang.

Adapun kegiatan RPIK diantaranya pembangunan kebun induk lada dan perbenihan 1 ha, demplot monokultur lada (1ha) rehabilitasi dan intensifikasi lada (10 ha), rehabilitasi intercropping lada kopi (9, 7ha) dan dukungan validasi teknologi budidaya. Disamping itu juga terdapat kegiatan pembuatan mesin mesin pertanian seperti mesin perontok lada, mesin pengering, mesin bleaching, dan mesin penepung.

Semoga kegiatan tersebut dapat menjadi contoh transfer teknologi dari lembaga penelitian kepada para petani. Masyarakat dapat belajar dan mencontoh langsung kegiatan denfarm yang dibangun tim RPIK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *