Kunjungan Kelompok Petani Jonggol

Bogor, 7 Oktober 2021. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), menerima kunjungan tamu dari Kelompok Petani Jonggol dalam rangka untuk memperoleh informasi tentang budidaya tanaman nilam. Kunjungan diterima oleh Ir. Octivia Trisilawati, M.Sc. selaku Koordinator program tanaman atsiri sekaligus Peneliti ekofisiologi di ruang PPID Balittro.

Kelompok petani menjelaskan secara detail mengenai kondisi lahan dan lingkungan di wilayah Jonggol seperti pH, suhu, jenis tanah, dan kondisi iklim. “Jenis tanah di wilayah kami adalah lempung dengan pH sekitar 4”, jelas Lukas Lugi Riyandi selaku ketua rombongan. Ir. Octivia Trisilawati, M.Sc. menyarankan agar dilakukan sanitasi lahan sebelum dilakukan penanaman dan dilakukan pemberian kapur untuk menaikkan pH karena tanaman nilam membutuhkan lahan dengan pH 7.

Pada kesempatan kali ini, Petani menanyakan terkait pemilihan benih unggul dan pengendalian OPT pada tanaman nilam. Sampai tahun 2021, Balittro sudah melepas 5 varietas unggul nilam. Benih unggul varietas tanaman rempah dan obat terutama nilam bisa dipesan petani secara langsung di UPBS Balittro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *