Technical Assistance in Essential Oil Quality Testing

Pada tanggal 13 – 14 September 2021 Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITTRO) melakukan Pendampingan Teknis Pengujian Mutu Minyak Atsiri, dengan jumlah peserta 2 Orang yang berasal dari UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Aceh.

Kegiatan pendampingan teknis ini dibuka oleh Kepala Balittro yang diwakili oleh Sub Koordinator Jasa Penelitian Dra. Nur Maslahah, M.Si, di damping Hikmat, S.Si selaku Narasumber Pengujian Mutu Minyak Atsiri.

Kegiatan ini dalam rangka peningkatan kompetensi dan keaktifan dalam pengujian mutu minyak atsiri khususnya seraiwangi dan menyamakan presepsi pengujian mutu Minyak Atsiri berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI),” ujar Martunis, S.Si.

Hikmat, S Si dalam paparannya menyampaikan dalam SNI persyaratan mutu ekspor minyak seraiwangi adalah : kandungan total geraniol dalam minyak min 85%, sitronelal min 35%  (SII 0025/1979), (SNI 06-3953-1995). Escential Oil Association of USA (EOA) : total geraniol 85 -97%  dan sitronella 30 -45%. Minyak Atsiri merupakan salah satu produk tumbuhan yang mempunyai nilai ekspor cukup tinggi. Di Indonesia terdapat kurang lebih 14 macam minyak atsiri yang diperdagangkan dan digunakan dalam industri farmasi, parfum, kosmetika, sebagai bahan pengawet dan sebagainya. Sebagian minyak atsiri Indonesia diproduksi oleh penyuling-penyuling dengan cara yang sederhana, sehingga mutunya perlu ditingkatkan, agar dapat bersaing di pasaran Internasional.

Harapannya kerjasama pendampingan teknis ini ke depan tetap terjalin komunikasi dengan baik, sehingga pengembangan laboratorium uji saat ini di UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Aceh yang sedang berlangsung dapat terdukung perkembangan pengujiannya, dan bisa saling sharing satu sama lain sebagai analis kimia terutama ketika menghadapi kendala, ujar Putri Bungsu, S.T selaku Kepala Laboratorium UPTD Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Aceh. (efiana/Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *