PENGUKUHAN JARINGAN PETANI NASIONAL

Balittro hadir dalam acara pengukuhan jaringan petani nasional yang di laksanakan di Balithi, Cipanas, Cianjur Jawa Barat. Sebanyak 64 Komisariat Daerah (KOMDA) Jaringan Pertanian Nasional (JPN) dikukuhkan oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, termasuk di antaranya KOMDA Kota Serang dan Kab. Serang. Acara pengukuhan dirangkaikan dengan kegiatan Ekspose Inovasi Teknologi Tanaman Hias tahun 2021 ini dihadiri oleh jajaran Eselon I lingkup Kementan. Acara berlangsung secara hybrid yang diikuti secara online oleh KOMDA di luar Jawa Barat, Banten, dan DKI.


Menteri Pertanian dalam arahannya mengajak semua hadirin untuk bersyukur karena telah mendorong pembentukan JPN yang diharapkan menjadi komunikator terbaik, dan mewujudkan konsepsi pertanian secara nasional, reginonal, dan lokal. Lebih lanjut, Mentan menyampaikan bahwa pertanian harus tetap dalam satu frame, pertanian tidak bisa diurus 1 orang, atau hanya diurus oleh pemerintah atau hanya oleh jajaran Kementan, melainkan pertanian harus terkonektivitas satu dengan yang lain. “Untuk itu, masyarakat butuh infrastruktur nasional, agar ritme kerjanya bisa sama, bagaikan sebuah simphoni sehingga menjadi indah terdengar” jelas Mentan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa JPN sebagai infrastruktur pertanian menjadi kekuatan masyarakat yang menjadi mata, mulut dan kaki masyarakat yang terkoneksi melalui KOMDA-KOMDA yang ada. Tugas JPN yang paling utama adalah menemukan harapan dan kebutuhan masyarakat, serta memecahkan masalah yang ada. KOMDA diharapkan membuat pertanian itu naik kelas.
Mentan menyebutkan bahwa JPN terdiri dari orang-orang milenial modern dengan kategori umur rata-rata 40 tahun ke bawah yang berperan untuk mewujudkan pertanian yang hebat dan keren. Untuk itu, salah satu syarat untuk JPN adalah pemanfaatan gadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *