International Conference on Sustainable Plantation 2nd (ICSP)

Pusat Penelitian dan Pengambangan Perkebunan bekerjasama dengan IPB University mengadakan kegiatan “International Conference on Sustainable Plantation” (ICSP). Konferensi tahun ini merupakan lanjutan dari 1st ICSP yang diadakan secara offline di Bogor pada tahun 2019. ICECRD dan IPB University telah mengembangkan komitmen untuk menyelenggarakan konferensi ini setiap dua tahun sekali. Kegiatan ICSP dilaksanakan secara online karena pandemic covid-19 yang masih berlangsung.

Konferensi ini dilaksanakan selama dua hari yang terdiri dari sesi pleno, sesi paralel, dan sesi kompetisi mahasiswa. Dalam sesi pleno, dihadiri oleh pembicara luar biasa yang diundang untuk menyampaikan presentasi dan berbagi pengetahuan keahlian mereka, yaitu : Prof. Dr. Yutaka Nakashimada dari Hiroshima University, Dr. Zulkifli Bin Yaakub dari Malaysian Palm Oil Board, Prof. Dr. Inocensio E Buot, Jr dari University of The Philippines Los Banos , DR. Suwardi dari International Society for Southeast Asia Agricultural Scientist, Prof. Dr. Tae-Jin Yang dari Seoul National University, Dr. Sastia Prama Putri dari Osaka University, Mr. Patricio Grassini, PhD. dari University of Nebraska, Amerika Serikat, Mr. Shamsul Bhuiyan, Ph.D. dari Sugar Research Australia, Prof. Andre Drenth dari University of Queensland, Australia, Mrs. Jelfina C. Alouw, PhD. dari International Coconut Community, dan Dr. Sugiyanta dari IPB.

Acara ini dibuka oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Fajri Djufry, pada pembukaan acara juga Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo berkesempatan memberi sambutannya dan sangat mengapresiasi adanya kegiatan ini. Selain Menteri Pertanian, acara pembukaan juga di isi oleh Rektor IPB, Prof. Arif Satria. Dalam konferensi ini, ICSP telah menerima 147 makalah ilmiah dari para peneliti yang akan mempresentasikan penelitian terbaru mereka dalam sesi paralel, dan manuskrip tersebut akan dipublikasikan dalam prosiding IOP. Konferensi ini dihadiri oleh lebih dari 373 peserta dari universitas, lembaga penelitian, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, swasta, dan pemangku kepentingan lainnya, dari Indonesia maupun luar negeri seperti Malaysia, India, dan Pakistan. Kepala Puslitbang Perkebunan Ir. Syafaruddin, Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa konferensi virtual ini akan menjadi forum yang sempurna bagi para peserta untuk berinteraksi dan mungkin dapat mendiskusikan kolaborasi di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *