Informasi Teknologi Tanaman Vanili

Bogor, 30 Agustus 2021 Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat menerima kunjungan dalam rangka Persiapan Pembukaan Kebun Vanili Organik di Purwakarta. Kunjungan disambut langsung oleh Dra. Nur Maslahah, M.Si. selaku Koordinator Jasa Penelitian yang merangkap sebagai Pejabat PPID Balittro. Bapak Bambang Arianto selaku ketua tim menyampaikan permasalahan yang sedang dihadapi terutama terkait penentuan lokasi yang cocok untuk menghasilkan vanili yang berkualitas tinggi baik secara hasil maupun mutu.

Prof. Rosihan pada kesempatan ini menjelaskan kriteria kesesuaian lahan dan iklim dalam budidaya vanili. “Maksimal kemiringan lahan adalah sekitar 15%, jika lahan miring sebaiknya dibuat teras siring. Persiapan lahan dilakukan setahun sebelum kegiatan penanaman vanili” tambah Dra. Endang Hadipoentyanti, M.S.

Diskusi membahas seputar kesesuaian lahan dan iklim yang cocok, teknik budidaya vanili yang baik, pemilihan benih unggul, dan pasca panen yang benar. Peserta kunjungan sangat antusias mendengar penjelasan dan berdiskusi dengan para Peneliti Vanili di Balittro. Diharapkan kunjungan kali ini dapat membantu pembukaan kebun vanili organik di Purwakarta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *