Instalasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) Cibinong

Sejak tahun 2000 Instalasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) Cibinong merupakan bagian dari IP2TP Cimanggu yang berlokasi di Jalan Karanggan Desa Puspasari, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor dan mulai tahun 2016 IP2TP Cibinong sudah berdiri sendiri atau tidak berada dibawah naungan IP2TP Cimanggu Balittro.

IP2TP Cibinong berada pada ketinggian 125 m dpl dengan luas areal keseluruhan 5,127 Ha. Jenis tanah IP2TP Cibinong didominasi oleh latosol. Kodisi lahan di IP2TP Cibinong adalah datar dan lereng. Tugas utama IP2TP Cibinong diantaranya adalah melaksanakan kegiatan penelitian, pemeliharaan tanaman koleksi, emplasemen, jalan kebun, kantor, dan pengamanan aset negara serta melaksanakan kegiatan UPBS Balittro. Sarana pendukung IP2TP Cibinong adalah kantor dan gudang.

Instalasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) Cibinong dipimpin oleh seorang kepala kebun yaitu Ahyar, SP. (NIP. 19660219 199203 1 001). Kepala IP2TP Cibinong dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh 5 pegawai yang terdiri atas 4 PNS, 1 Tenaga kontrak/honorer, dan Tenaga harian lepas yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Pada tahun 2018, IP2TP Cibinong membangun kebun induk komoditas Jahe Merah, Jahe Putih Kecil, Jahe Putih Besar, Kunyit Temulawak (2.200 m). Dalam menjalankan tugasnya sebagai IP2TP Cibinong memiliki fasilitas perkantoran. Berikut fasilitas pendukung dan beberapa koleksi tanaman yang dimiliki oleh IP2TP Cibinong:

 

Kantor IP2TP Cibinong

Beberapa komoditas tanaman rempah dan obat yang ditanam di IP2TP Cibinong:

Tanaman Vanili
Tanaman Lada
Tanaman Lengkuas
Tanaman Jahe