Instalasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) Manoko

 

Instalasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) Manoko merupakan salah satu kebun dataran tinggi di Jawa dibawah pengelolaan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Bogor (Balittro), Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan (Puslitbangbun) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

IP2TP Manoko berada di sebelah utara Kota Bandung lebih tepatnya terletak di desa Cikahuripan kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Secara geografis IP2TP Manoko berada pada ketinggian 1200 m dpl dengan jenis tanah didominasi oleh andisol. Topografi kemiringan lahan IP2TP Manoko kurang dari 5% kearah selatan dan memiliki tipe iklim B menurut Oldeman. IP2TP Manoko sering digunakan untuk penelitian pengujian tanaman rempah dan obat daerah dataran tinggi.

Instalasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) Manoko Yang dipimpin oleh   Jajat Darajat, SP. (NIP. 197502282007011002). Kepala IP2TP  Manoko dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh 11 pegawai yang terdiri atas 7 PNS, 4 Tenaga kontrak/honorer, dan Tenaga harian lepas yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Pada tahun 2017, IP2TP Manoko mengkonservasi plasma nutfah tanaman rempah, obat, dan atsiri sebanyak 223 spesies dengan 474 aksesi. Konservasi dilakukan dalam keadaan tumbuh di lapang. Pada tahun 2018, IP2TP Manoko membangun kebun induk komoditas:
1. Nilam varietas Patchoulina 2 (1 Ha), varietas Sidikalang (0,5 Ha)
2. Serai wangi varietas Sitrona 1, Sitrona 2, Serai wangi 1 (1,5 Ha)

Struktur Organisasi IP2TP Manoko

Berikut fasilitas pendukung yang dimiliki oleh IP2TP Manoko:

                   Kantor IP2TP Manoko