Instalasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) Cikampek

Instalasi Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (IP2TP) Cikampek merupakan salah satu sarana pendukung tempat berlangsungnya kegiatan dan diseminasi hasil Peneilitian dibawah pengeloaan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat ( BALITTRO ) Bogor.

Secara admimistratif IP2TP Cikampek terletak di Desa Cikampek Timur, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Luas areal IP2TP Cikampek adalah 14,943 Ha dengan ketinggian tempat 50 m dpl. IP2TP Cikampek memiliki topografi datar dan jenis tanah laterit berabu Andesit dengan tingkat keasaman tanah (pH) 5 – 6. Tipe iklim IP2TP Cikampek menurut Oldeman adalah Tipe C.

Maman Resmana

Kebun Percobaan Cikampek dipimpin oleh seorang kepala kebun yaitu Maman Resmana (NIP. 196509291990021001) . Kepala IP2TP Cikampek dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh 8 pegawai yang terdiri atas 5 PNS, 3 Tenaga kontrak/honorer, dan Tenaga harian lepas yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Mandat utama sebagai Komoditas andalan IP2TP Cikampek adalah tanaman Jambu mete,disamping komoditas lain seperti Kayu manis, Tamarin serta beberapa jenis tanaman rempah dan tanaman atsiri.

Pada tahun 2017, IP2TP Cikampek mengkonservasi plasma nutfah tanaman rempah, obat, dan atsiri sebanyak 5 spesies dengan 228 aksesi. Konservasi dilakukan dalam keadaan tumbuh di lapang. IP2TP Cikampek memiliki kebun induk komoditas Jambu Mete. IP2TP Cikampek memiliki komoditas tanaman rempah dan obat utama yaitu jambu mete.

Berikut fasilitas pendukung yang dimiliki oleh IP2TP Cikampek:

Kantor IP2TP Cikampek
Mess IP2TP Cikampek

Rencana pembangunan Kebun Wisata Ilmiah di IP2TP Cikampek: 

Saat ini dilakukan penataan kawasan wisata ilmiah tanaman obat dan rempah untuk mengembangkan kapasitas  dan fungsi kebun, sehingga kebereradaan IP2TP Cikampek tidak tertinggal terlalu jauh oleh kebun-kebun percobaan lain dilingkup Balittro. Selain itu  juga agar IP2TP Cikampek menjadi tempat wisata edukasi bagi para pelajar dan masyarakat mengenai tanaman rempah dan obat dataran rendah.