Masyarakat Terdampak Covid-19 Timba Ilmu Melalui Bimtek Padat Karya Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puslitbang Perkebunan dibawah naungan Badan Litbang Pertanian Kementan mendapatkan mandat untuk menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Padat karya. Kegiatan ini untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. Peserta mendapatkan pembinaan di bidang pertanian, pengenalan inovasi, dan dikaryakan dalam berbagai kegiatan melalui bimbingan teknis ini.

Kepala Balittro Dr. Evi Savitri, Msi dalam sambutannya di Pembukaan Bimbingan Teknis dan Padat Karya Balittro menyampaikan rasa terima kasihnya atas peran aktif dan antusias masyarakat dalam kegiatan Bimtek padat karya ini, serta tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak, dan menggunakan masker. Kegiatan ini sebagai wujud komitmen menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat yang terdampak pandemi virus Covid-19

Pelaksanaan Bimbingan Teknis Padat Karya Perbenihan dan Budidaya Tanaman Rempah dan Obat ini telah dilaksanakan di lingkup Instalasi Penelitian dan Penelitian Teknologi Pertanian (IP2TP) Balittro (Cimanggu, Cibinong, Sukamulya, Cikampek, Manoko dan Laing) dan Petak Pamer Balittro Bogor dengan total jumlah peserta 500 orang.

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan diantaranya:

1) Tanggal 9 Maret 2021 kegiatan Bimbingan Teknis dan Padat Karya Budidaya tanaman Lada dan Serai wangi di IP2TP Sukamulya, dihadiri oleh 80 peserta yang berdomisili sekitar IP2TP Sukamulya. Acara di buka oleh Kepala Balittro Dr. Evi Savitri Iriani

2) Tanggal 9 Maret 2021, dalam waktu yang sama, kegiatan Bimbingan Teknik dan Padat Karya Perbenihan Pala di IP2TP Cicurug, di hadiri oleh 50 peserta yang berdomisili sekitar IP2TP Cicurug. Acara di buka oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balittro Mulyawan, SE.

3) Tanggal 10 Maret 2021 kegiatan Bimbingan Teknik dan Padat Karya Budidaya Serai wangi di IP2TP Manoko, di hadiri oleh 80 peserta yang berdomisili sekitar IP2TP Manoko. Acara dibuka oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balittro Mulyawan, SE.

4) Tanggal 15 Maret 2021 kegiatan Bimbingan Teknis dan Padat Karya Tanaman obat dan kayu manis di IP2TP Laing Solok, dihadiri oleh 50 peserta yang berdomisili sekitar IP2TP Laing Solok. Acara dibuka oleh kepala kebun IP2TP Laing Unang Mansur.

5) Tanggal 16 Maret 2021 kegiatan Bimbingan Teknis dan Padat Karya Pengenalan tanaman Rempah dan Obat di IP2TP Cimanggu, dihadiri oleh 70 peserta yang berdomisili sekitar IP2TP Cimanggu. Acara di buka oleh Sub Koordinator Jasa Penelitian Balittro Dra. Nur Maslahah, Msi.

6) Tanggal 17 Maret 2021 kegiatan Bimbingan Teknis dan Padat Karya Pengenalan Tanaman Obat dan Manfaatnya di Kebun Wisata Ilmiah dan Petak Pamer Balittro, dihadiri oleh 70 peserta yang berdomisili sekitar Kantor Balttro. Acara di buka oleh Sub Koordinator Jasa Penelitian Balittro Dra. Nur Maslahah, Msi.

7) Tanggal 18 Maret 2021 kegiatan Bimbingan Teknis dan Padat Karya Pengenalan Tanaman Obat di IP2TP Cibinong, dihadiri oleh 50 peserta yang berdomisili sekitar IP2TP Cibinong. Acara di buka oleh Kepala IP2TP Cibinong Totong.

8) Tanggal 18 Maret 2021 kegiatan Bimbingan Teknik dan Padat Karya Perbenihan Jambu Mete di IP2TP Cikampek, di hadiri oleh 50 peserta yang berdomisili sekitar IP2TP Cikampek. Acara di buka oleh Sub Koordinator Jasa Penelitian Balittro Dra. Nur Maslahah, Msi.

Dalam kegiatan Bimbingan Teknis dan Padat Karya ini peserta mendapatkan souvenir berupa kaos, hand soup, roll on Essensial oil Eucalyptus, masker, minyak kayu putih, balsem Eucalyptus, serta uang saku dan uang transport serta snack box dan nasi Box.

Dari kegiatan ini berharap peserta dapat memanfaatkan ilmu yang diberikan dan termotivasi untuk memanfaatkan tanaman rempah dan obat khususnya untuk kesehatan serta selalu semangat walaupun dalam keadaan pandemi covid 19. (efiana/Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *