Tim Peneliti Lada Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat Mengadakan Kegiatan Monitoring Pemupukan dan Pemeliharaan Lada di IP2TP Sukamulya

Tim Peneliti Lada Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat – Balittro mengadakan kegiatan monitoring pemupukan dan pemeliharaan lada di IP2TP Sukamulya pada , 18-19 Maret 2021. Kegiatan ini didampingi langsung oleh Kepala dan Teknisi IP2TP Sukamulya. “Sebelum kegiatan pemupukan, dilakukan penyiangan gulma disekitar pertanaman lada, pemangkasan Gliricidia, dan penggemburan tanah sekitar pertanaman lada” terang Wawan Lukman selaku Kepala IP2TP Sukamulya.

“Pemupukan merupakan salah satu kegiatan budidaya yang penting. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan pada musim penghujan agar penyerapan unsur hara oleh tanaman dapat berjalan secara efektif dan efisien sehingga diperoleh hasil yang optimal dan dapat menjawab tujuan penelitian” terang Dr. Ir. Nurliani Bermawie selaku Ketua Tim Penelitian Lada. Pemupukan diawali dengan pemberian sedikit kapur dan NPK dengan dosis sekitar 365 gr/tanaman. Selanjutnya dilakukan pemberian pupuk kandang sapi sekitar 10 kg/tanaman.

Kegiatan pemupukan dimulai sejak pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB. Pembagian kerja pada kegiatan ini adalah tenaga harian laki-laki melakukan pembersihan lahan, penggemburan lahan, dan pengangkutan pupuk ke lahan, sedangkan tenaga harian perempuan melakukan aplikasi pemupukan.

Setelah kegiatan pemupukan selesai, dilakukan pembumbunan menggunakan tanah di sekitar areal pertanaman. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi resiko kehilangan pupuk terutama penguapan pupuk. Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan produksi tanaman lada sehingga hasil dari setiap nomor lada yang diuji mendekati potensi genetik yang sebenarnya dan mempercepat program pemuliaan lada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *