Koordinasi Pengelolaan TIK Lingkup Balitbangtan Tahun 2021

Depok, 17 Maret 2021. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITTRO) menghadiri Koordinasi Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Lingkup Balitbangtan yang diselenggarakan di Hotel Savero Depok pada tanggal 17-19 Maret 2021. Acara TIK di ikuti oleh Penanggung Jawab/Pengelola TIK dari seluruh UK/UPT Lingkup Balitbangtan secara Offline sebanyak 30 peserta dan dari peserta Online sebanyak 56.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balitbangtan dalam rangka meningkatkan pelayanan, komunikasi, data dan informasi yang ada di Lingkup Balitbangtan, serta mewujudkan pelayanan informasi secara inovatif yang cepat, tepat dan akurat kepada pengguna.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Badan Litbang Bapak Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA. Dalam kesempatannya dalam acara pembukaan Bapak Sesba menyampaikan bahwa dalam jiwa pemimpin harus memiliki jiwa inovatif yang akan melakukan perubahan dalam dunia TIK. Pengelolaan TIK harus mampu mendukung penyebarluasan inovasi dan mampu mendorong tumbuhnya pertanian modern berbasis teknologi informasi untuk mewujudkan tercapainya sasaran strategis Balitbangtan.

Agenda Koordinasi Pengelolaan TIK ini dilakukan secara tentative dengan jadwal hari pertama di isi oleh Narasumber dari BSSN dengan tema “Website Penetration Test and Security”, dan dari Universitas Gunadarma dengan tema “Pemanfaatan Google Analytics (Practical)”. Hari kedua di isi dari Narasumber Pusdatin dengan tema “Tata Kelola Pelayanan TIK dan Data Center di Kementan serta Perkembangan TIK di Balitbangtan” serta Narasumber dari Kominfo dengan tema “Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Terkait Pengelolaan TIK serta Evaluasi dan Konsep Pengembangan TIK dari Satker Lingkup Balitbangtan Eselon 2”. Pada hari ketiga di isi oleh Narasumber dari Puslitbangnak dengan tema “Tips dan Trik Pengelolaan Jurnal Ilmiah Berkala Menuju Terindeks Scopus.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hasil dari pada koordinasi pengelolaan TIK ini, selama pandemic ini kedepannya perlu adanya pengembangan SDM terkait pengelolaan TIK dalam bentuk pelatihan maupun bimtek, untuk peningkatan kapasitas pengelola dipusat maupun UK/UPT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *