Seminar Perbenihan Tanaman Rempah dan Obat

DOWNLOAD BROSUR LENGKAP

LATAR BELAKANG

Keberhasilan budidaya tanaman pertanian 60% ditentukan oleh benih yang digunakan. Petani Indonesia sejak jaman dahulu telah memiliki kesadaran bahwa penggunaan benih yang baik atau bermutu akan sangat menunjang dalam peningkatan produksi pertanian, baik kuantitas maupun kualitas.

Tanaman rempah, obat, dan atsiri merupakan komoditas yang strategis untuk dikembangkan dalam upaya  meningkatan  produksi  nasional  dan pendapatan petani. Komoditas rempah antara lain lada, cengkeh, pala, vanili dan kayumanis. Tanaman obat potensial seperti jahe, temulawak, kencur, kunyit dan lempuyang ; pegagan, kumis kucing, purwoceng dan lainnya. Komoditas atsiri yang diekspor dan banyak dikembangkan petani antara lain nilam, serai wangi, akar wangi, kenanga, dan lainnya.

Untuk mendorong kemajuan perbenihan di Indonesia, maka upaya pembentukan varietas unggul melalui proses pemuliaan tanaman perlu didukung dengan  ketersediaan  sumberdaya  genetik , pemuliaan ,  tek nologi  produksi  benih  dan kelembagaan yang memadai.

TUJUAN

Sebagai sarana tukar menukar informasi antara peneliti, dosen, pengguna, industri benih, petani dan pengambil kebijakan. Media untuk membangun jejaring kerjasama dan mensinergikan pengetahuan, potensi, benih unggul tanaman rempah, obat dan atsiri yang lebih luas.

TOPIK  UMUM

  1. Peran  sumber  daya  genetik  dalam  pemuliaan tanaman  dan  terobosan  teknologi  untuk menghasilkan varietas unggul tanaman rempah, obat dan atsiri (Institut Pertanian Bogor)
  2.  Regulasi  perbenihan  tanaman  perkebunan(Direktorat Jenderal Perkebunan

TOPIK  KHUSUS

  1. Sumber daya genetik dan Pemuliaan
  2. Fisiologi, Teknologi Produksi dan Kelembagaan Benih

 

PESERTA

Acara seminar diharapkan akan diikuti oleh 100 peserta, terdiri atas:1. Peneliti, dosen, dan pemerhati lain yang tertarik dengan pengembangan dan pemanfaatan tanaman rempah, obat dan atsiri secara luas. 2. Industri/pelaku usaha perbenihan dan petani

Masyarakat  luas ,  khususnya  yang  ingin memhami  peranan  perbenihan  tanama n rempah, obat dan atsiri dalam perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas.

 

KEGIATAN WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Seminar dilaksanakan satu hari penuh. Hasil dari seminar akan dirangkum dalam bentuk prosiding atau bunga rampai. Peserta dapat menyampaikan hasil penelitian, ide-ide pemikiran terkait dengan topik diatas dalam bentuk makalah oral dan poster.

Seminar akan dilaksanakan di Aula Balai Penelitian, Tanaman Rempah dan Obat Jl. Tentara Pelajar No. 3

Bogor 16111, pada hari Rabu tanggal 29 April 2015.

 

DOWNLOAD BROSUR LENGKAP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *