Penerimaan Tamu Untuk Inisiasi Kerjasama Bahan Baku Jamu PT. Sido Muncul

Bogor, 2 Nopember 2020. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) menerima kunjungan dari PT Sido Muncul dalam rangka penjajagan inisiasi kerjasama tentang tanaman obat sebagai bahan baku jamu. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Balittro Dr.Evi Savitri Iriani, M.Si didampingi Kepala Seksi Pelayanan Teknis, Program Tanaman Obat, dan Para Peneliti Balittro serta Tim Kerjasama Balittro.

Dalam sambutannya Kepala Balittro Dr.Evi Savitri Iriani, M.Si menyampaikan Balittro dengan PT. Sido Muncul dapat bekerja sama dalam berbagai bidang diantaranya, sebagai penghasil benih sumber, menghasilkan teknologi berupa varietas unggul, SOP dan GAP. Selain itu Balittro dapat berfungsi sebagai penghasil benih Sumber dan PT. SIdo Muncul sebagai penangkar untuk mengembangkan diwilayah yang sesuai. Balittro terbuka untuk bekerjasama untuk menghasilkan varietas-varietas unggul yang diperlukan PT. Sido Muncul. Saat ini Balittro memiliki 7 Kebun Percobaan yang tersebar di berbagai tempat dengan ketinggian dpl yang berbeda beda, sehingga dapat menunjang penelitian dalam rangka aklimatisasi dan penelitian lanjutan,” ujar Dr. Evi Savitri

Manajer R&D Budidaya PT. Sido Muncul Bapak Bambang Supartoko menyampaikan kehadiran Balittro dapat memberikan masukan terkait varietas-varietas unggul yang dapat digunakan, SOP dan GAP, serta dapat bekerjasama untuk menghasilkan varietas-varietas unggul tanaman obat, terutama tempat tumbuh yang menghasilkan tanaman dengan kandungan zat aktif terbaik. Balittro dapat menjadi sumber benih/bibit unggul dan bekerjasama dalam mendukung pengembangan program bibit nursery di kawasan pabrik dengan menerapkan smart farming, sehingga diperoleh kestabilan varietas (kemurnian varietas), kestabilan kualitas dan kuantitas produksi per hektar. Dalam ketersediaan bahan baku jamu. PT. Sido Muncul telah memproduksi 200 jenis jamu, dengan menggunakan lebih dari 160 jenis tanaman baik berupa akar, daun maupun seluruh bagian dari tanaman, “ujarnya.

Harapannya dengan kerjasama ini permasalahan yang dihadapi PT. Sido Muncul terkait ketersediaan bahan baku jamu yang memenuhi standar diharapkan dapat terpenuhi dan dapat segera dilakukan penandatanganan MOU sebagai payung Perjanjian Kerjasama yang lebih teknis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *