Persiapan FE (Food Estate) Kalimantan Tengah Sekaligus Persiapan Kunjungan Presiden Untuk Tanam Perdana

Kementrian Pertanian dalam hal ini diwakili Direktorat Tanaman Pangan, Direktorat Jenderal Prasarana Dan Sarana Pertanian, Direktorat Jenderal Peternakan, Perkebunan dan Badan Litbang Pertanian melakukan persiapan FE (Food Estate) Kalimantan Tengah sekaligus persiapan kunjungan presiden untuk tanam perdana di lokasi. Rapat dilakukan di dinas TPHP Kalimantan Tengah, diawali oleh rapat koordinasi dan akan dilanjutkan kunjungan lapang.
.
Presiden berencana meninjau lokasi desa siam Kecamatan Pandih Baru Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah. Varietas yang akan digunakan inpari 42, inpari 32 dan hibrida dengan target prioritas 4-5 ton/ha serta sistem tanam TBL dan tanam pindah (hibrida). Luas lahan yang akan di taman pada lokasi tersebut 2.250ha, dengan luas hamparan kunjungan kerja 500 ha. Saat ini progres olah tanah sudah 250 ha.
.
Pada lokasi tersebut juga akan ditanam tanaman Hortikultura dan Perkebunan diantaranya kelapa, tanaman obat dan industri. Didampingi itu juga akan dikembangkan peternakan terintegrasi. Yang terpenting perlu alokasi anggaran untuk pendampingan. Perlu tambahan alat pertanian untuk percepatan penataan dan pengolahan tanah. Diharapkan excavator sudah bergerak semua mulai hari itu.
.
Khusus tanaman perkebunan dan hortikultura disepakati berada di antara saluran sehingga tidak mengganggu sawah. View kunjungan akan memiliki estetika yang baik dan enak dipandang. Jahe dapat ditanam secara tumpang sari dengan jeruk, pepaya dan kelapa. Walaupun petani sangat antusias, waktu yang dimiliki sangat terbatas. Sehingga perlu alokasi sistem kerja padat karya dengan mempertimbangkan tambahan tenaga kerja dari luar daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *