Bimbingan Teknis Penguatan SDM Petugas dan Penangkar Benih Perkebunan

Bogor, 11 – 13 Agustus 2020. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat melakukan Bimbingan Teknis Perbenihan, Pembangunan Kebun Sumber Benih dan Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Cengkeh, Pala dan Seraiwangi dengan jumlah peserta 12 orang yang berasal dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan Pendampingan Teknis ini di buka oleh Kepala Balittro Dr. Evi Savitri Iriani dan didampingi Kepala Seksi Jasa Penelitian Dra. Nur Maslahah, MSi. Materi yang disampaikan pada Bimbingan Teknis saat ini diantaranya 1) Perbenihan Komoditas Cengkeh dengan narasumber Dr. Nurliani Bermawie; 2) Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Cengkeh dengan narasumber Ir. Tri Lestari M., MSc; 3) Perbenihan Komoditas Seraiwangi dengan narasumber Drs. Cheppy Syukur; 4) Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Seraiwangi dengan narasumber Dr. Sukamto; 5) Perbenihan Komoditas Pala dengan narasumber Ir. Sri Wahyuni; 6) Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Pala dengan narasumber Ir. Sri Rahayuningsih, Msi.

Ir. Nurdan , Msi Kepala UPTD BP2MB Pemerintah Provinsi Sumatera Barat selaku ketua rombongan peserta bimbingan teknis menyampaikan kegiatan ini dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM) petugas dan produsen benih. Diharapkan materi yang disampaikan oleh narasumber dapat diserap dan menjadi bekal ilmu petugas dan produsen benih di lapangan, “ujarnya.

Dalam Sambutannya Dr. Evi. Savitri Kepala Balittro mengucapkan terima kasih kepada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang telah mempercayai Balittro untuk menjadi Pendamping teknis Perbenihan, Pembangunan Kebun Sumber Benih dan Pengendalian Hama Penyakit Tanaman Cengkeh, Pala dan Seraiwangi bagi para petugas dan produsen benih. Semoga pembelajaran dan diskusi yang diperoleh selama di Balittro ini dapat meningkatkan kualitas petugas benih, membawa manfaat dan berharap tanaman rempah Indonesia makin berkembang dan Maju,” ujarnya.

Kegiatan Bimbingan teknis ini dilaksanakan selama 3 hari ini selain pemaparan materi dan diskusi interaktif oleh narasumber, dilakukan pula kunjungan lapang ke Kebun Percobaan Sukamulya dan Cicurug, serta diakhiri dengan penyerahan sertifikat. (efiana/Balittro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *