Pelatihan Pelaporan Utama, eRDKK, SIMLUH TAN, dan Zoom Meeting Kepada Tim Penyuluh BPP Kecamatan Sukalarang, Sukabumi dan BPP Warungkondang, Cianjur.

Sebagai salah satu UPT yang ditugaskan dalam mensukseskan program Kostratani, Balittro telah menyelenggarakan pelatihan Pelaporan Utama, eRDKK, SIMLUH TAN, dan Zoom Meeting kepada tim penyuluh dari BPP binaannya yaitu BPP Kecamatan Sukalarang, Sukabumi dan BPP Warungkondang, Cianjur.
Pelatihan ini diselenggarakan pada Hari Rabu, 12 Agustus 2020, di BPP Warungkondang, Kabupaten Cianjur. Kegiatan dihadiri oleh koordinator dan para penyuluh dari BPP Warungkondang, Sukabumi dan BPP Sukalarang, Cianjur.

Narasumber pada pelatihan ini yaitu Dr. Miko Harjanti, S.E., M.S.E., M.A (widyaiswara madya dari PPMKP Ciawi) yang memaparkan tentang pelaporan utama, eRDKK, dan SIMLUH TAN, seperti: Bagaimana cara mengimput Pelaporan Utama setiap minggu, dengan mengupdate data luas tanam, luas panen, dan produktivitas komoditas strategis seperti padi, jagung, kedelai dll, juga memaparkan tentang eRDKK yaitu penggunaan link untuk perencanaan kebutuhan kelompok tani pada satu musim tanam seperti benih, pupuk, pestisida, alsintan dan permodalan, dan yang terakhir yaitu pengenalan SIMLUHTAN, yang memaparkan tentang bagaimana penyuluh mengupdate informasi jumlah kelompok tani (Poktan), gabungan kelompok tani (Gapoktan), dan kelembagaan ekonomi pertanian. Narasumber yang kedua yaitu Sujianto, S.TP., M.Abm (Kasie yantek Balittro) yang memberikan materi tentang teknik penggunaan Zoom Meeting untuk kegiatan virtual meeting, seperti bagaimana membuat jadwal meeting, cara untuk join meeting dan beberapa tips menggunakan fitur-fitur didalam aplikasi Zoom meeting.

Dari kegiatan pelatihan ini terlihat para peserta dari kedua BPP tersebut sudah familiar dengan pelaporan eRDKK dan SIMLUHTAN, sedangkan untuk pelaporan utama merupakan hal baru bagi mereka, sehingga para peserta sangat antusias dengan pelatihan pada hari ini.

Harapan dari kegiatan pelatihan ini, Balittro dan BPP binaannya mampu menjadi bagian yang turut andil dalam mensukseskan program kostratani dengan menjalankan lima peran utama program kostratani, yaitu sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, dan pusat pengembangan jejaring dan kemitraan melalui infrastruktur utama pengelolaan pertanian di era industrialisasi 4.0 dengan menerapkan pendekatan teknologi informasi (IT) melalui kemampuan transfer data lewat jaringan internet tanpa interaksi dari manusia ke manusia atau manusia ke perangkat komputer dengan Internet of Things (IoT).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *