Konsinyering Penyusunan Masterplan dan Desain Landskap KHDTK Litbang Pollung

Kemenko Maritim dan Investasi bersama pemerintah daerah Kabupaten Humbang Hasundutan dan Institut Teknologi Del (IT Del) mengadakan pertemuan pada tanggal 6 – 8 Agustus 2020 bertempat di Labersa Toba Hotel, Sumatera Utara dengan agenda konsinyering penyusunan masterplan dan desain lanskap Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Litbang Pollung dengan mengundang beberapa Kementrian dan Lembaga terkait. Acara dibuka oleh Staf Khusus Menteri bidang Ekonomi dan Investasi, Hernando Wahyuno selain itu Bupati Kabupaten Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dan Prof. Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech, Ph.D selaku rektor IT Del turut memberikan sambutan dan arahan awal mengenai kegiatan tersebut.

Dr. Evi Savitri selaku kepala balai penelitian tanaman rempah dan obat mewakili Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan sebagai narasumber, memaparkan mengenai pandangan dan konsep KHDTK yang akan dibangun berbasis tanaman unggul lokal dimana tanaman lokal yang telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar adalah Kemenyan dan Kapur Barus atau Kamper dengan meningkatkan nilai tambah dari kedua tanaman tersebut menggunakan teknologi-teknologi yang telah Badan Litbang Pertanian ciptakan. Selain itu, kawasan KHDTK dicanangkan sebagai pusat herbal dengan membangun kebun plasma nutfah serta kebun wisata berbasis herbal.

Pada hari kedua, Deputi Bidang Kordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Dr. Ir. Nani Hendiarti, M.Sc dan Kepada Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si turut hadir untuk memberikan arahan mengenai target kegiatan yang harus dipenuhi untuk tahun 2020. Acara berlangsung hingga malam hari dan ditutup dengan pembagian tugas dan fungsi masing-masing Kementerian dan Lembaga serta draft awal Master Plan pembangunan KHDTK Litbang Pollung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *