PELUANG DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN ATSIRI PADA LAHAN MARGINAL

Indonesia merupakan negara dengan lahan marginal yang cukup luas (mencapai 100 juta Ha). Penyebaran lahan marginal di Indonesia tersebar sebagai lahan masam dan lahan pasang surut. Lahan marginal memiliki karakteristik sifat fisik, kimia dan biologi yang tidak optimal sebagai lahan untuk budidaya tanaman. Meningkatnya populasi manusia dan terbatasnya lahan pertanian juga memaksa kita untuk dapat memanfaatkan lahan marginal sebagai sarana budidaya. Besarnya potensi minyak atsiri dan tantangan pengembangan lahan marginal mendorong Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) menyelengarakan webinar dengan topik “Peluang dan Tantangan Pengembangan Atsiri pada Lahan Marginal”.

Kegiatan webinar ini secara resmi dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Ir. Syafaruddin PhD. Terdapat 4 pembicara yang mengisi webinar ini yaitu pembicara pertama Dr. Gusmaini (Peneliti Balittro) yang membahas tentang “Budidaya Tanaman Seraiwangi pada Lahan Marginal”. Pemateri kedua yaitu Dr. Irdika Mansyur (Direktur SEMEO BIOTROP) yang menjelaskan tentang “Pengembangan Tanaman Kayu Putih Pada Lahan Marginal”. Perwakilan praktisi yaitu Dr. Supandi. ST., MT (General Manager di PT Borneo Indobara) yang berbagi pengetahuan tentang “Pengalaman Dan Perencanaan Pengembangan Atsiri Pada Lahan Bekas Tambang (PT. BIB)”. Dari perwkilan pemerintah daerah disampaikan oleh Prof. Ince Raden Ketua Dewan Riset Daerah Kab. Kutai Kartanegara mewakili Bupati Kab. Kutai Kartanegra yang menjelaskan tentang “Kebijakan Pengembangan Atsiri Pada Lahan Marginal Di Kabupaten Kutai Kartanegara”. Moderator dalam kegiatan webinar ini dipinpin langsung oleh Kepala Balittro Dr. Ir. Evi Savitri Iriani.

Acara webinar dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2020 pada pukul 14.00 WIB – 16.00 WIB di ruang rapat Myrtaceae, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat secara virtual via Zoom bekerjasama dengan Puslitbang Perkebunan Kementerian Pertanian. Acara webinar diikuti sebanyak 533 peserta dari berbagai penjuru di tanah air dengan berbagai disiplin ilmu mulai dari mahasiswa, peneliti, penyuluh, dosen, pengusaha/pelaku bisnis dan pihak swasta yang bergerak dibidang pestisida.

Dengan kegiatan webinar ini diharapkan masyarakat dapat menggali informasi dan pengetahuan terkini terkait potensi tanaman atsiri dana arah kebijakannya dalam pengembangan tanaman atsiri di lahan marginal.

One thought on “PELUANG DAN TANTANGAN PENGEMBANGAN ATSIRI PADA LAHAN MARGINAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *