Dukungan Varietas Unggul Dan Teknologi Budidaya Yang Baik Guna Meningkatkan Produksi, Mutu Dan Stabilitas Rantai Pasok Minyak Nilam

Bogor, 3 Juli 2020 , Nilam (Pogostemon cablin Benth) merupakan salah satu tanaman yang menghasilkan minyak atsiri. Minyak atsiri ini sering disebut patchouli oil di dunia perdagangan internasional. Indonesia merupakan negara produsen utama minyak nilam dunia dengan mengusasi 85% pasar dunia.
.
Kebutuhan benih nilam semakin meningkat dengan ditemukannya beragam manfaat dari minyak atsiri yang dihasilkan, antara lain sebagai bahan campuran pembuatan kosmetik, farmasi, dan aroma terapi yang berfungsi sebagai zat pengikat/fixative agent dan farmasi.
.
Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian telah memfasilitasi para peneliti dan perekayasa untuk terus menghasilkan inovasi teknologi dan pengembangan pertanian. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), sesuai dengan salah satu tugas dan fungsinya, yaitu 1) Penelitian genetika, pemuliaan, perbenihan, dan pemanfaatan plasma nutfah tanaman rempah, obat, aromatik, dan jambu mete dan 2) Pelaksanaan penelitian morfologi, fisiologi, ekologi, entomologi dan fitopatologi tanaman rempah, obat, aromatik dan jambu mete.
.
Penelitian dan pengembangan tanaman nilam yang telah dilakukan oleh Balittro sudah menghasilkan berbagai macam teknologi dan inovasi diantaranya varietas dan SOP Budidaya Tanaman Nilam.
.
Sebagai wujud perhatian Balittro terhadap pengembangan tanaman nilam, dan sebagai sarana diseminasi teknologi dan inovasi yang telah dihasilkan, Balittro mengadakan webinar dengan tema “Dukungan Varietas Unggul Dan Teknologi Budidaya Yang Baik Guna Meningkatkan Produksi, Mutu Dan Stabilitas Rantai Pasok Minyak Nilam”. Acara webinar dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 03 Juli 2020 pukul 13.30 WIB – 16.00 WIB di ruang rapat Piperaceae, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat secara virtual via Zoom.
.
Moderator dari kegiatan webinar ini yaitu Dr. Sukamto (Peneliti Proteksi Tanaman Balittro), dengan narasumber yang kompeten di bidangnya: 1) Dra. Endang Hadipoentyanti, M.S (Peneliti Pemuliaan Balittro) yang memaparkan tentang “Pengenalan Varietas Unggul dan Perbenihan Nilam”; 2) Ir. Octivia Trisilawati, M.Sc (Peneliti Ekofisiologi Balittro) yang memberikan informasi terkait “Budidaya Nilam yang Baik dan Benar”; dan 3) Ir. Lita Agnes Ginting (Sourcing Manager PT Gidauvan Indonesia) yang memberikan penjelasan mengenai “Status Pasokan dan Pemanfaatan Nilam”.
.
Jumlah peserta dalam kegiatan webinar ini sebanyak 400 orang yang berasal dari berbagai profesi diantaranya penyuluh, peneliti, mahasiswa, Aparatur Sipil Negara (ASN), pengusaha, pedagang, dosen/guru, karyawan swasta, petani, wiraswasta, Ibu Rumah tangga (IRT), dokter, apoteker, dan pelajar yang tersebar secara online di seluruh Indonesia.
.
Kegiatan Webinar online ini selain pemaparan materi oleh narasumber, dilakukan pula diskusi interaktif bersama para peserta secara online. Kegiatan diakhiri dengan pembagian sertifikat yang diberikan secara online.
.
Harapannya dengan kegiatan Webinar online ini dapat menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat, khususnya dalam pengembangan tanaman nilam di Indonesia.

One thought on “Dukungan Varietas Unggul Dan Teknologi Budidaya Yang Baik Guna Meningkatkan Produksi, Mutu Dan Stabilitas Rantai Pasok Minyak Nilam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *