PERAN TRO DITENGAH PANDEMIC COVID-19

Bogor, 19 Juni 2020, Pandemik global COVID-19 memberikan ruang bagi berkembangnya penelitian dan pengembangan tanaman rempah dan obat Indonesia. Indonesia sebagai negara yang dianugerahi kekayaan alam dan keanekaragaman hayati yang tinggi, memiliki banyak sekali tanaman obat potensial khususnya sebagai immonomodulator dan antivirus.

Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian telah memfasilitasi para peneliti dan perekayasa untuk terus menghasilkan inovasi teknologi dan pengembangan informasi dalam rangka menghadapi covid-19 di Indonesia. Penelitian yang sedang dilaksanakan saat ini difokuskan pada penelitian yang berkaitan dengan pengembangan tanaman obat yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan pencegahan terhadap virus corona

Selain berperan aktif dalam penelitian Produk Eucalyptus sebagai antivirus corona yang telah dirilis oleh Kementerian Pertanian, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) juga melaksanakan webinar tentang “Peran TRO ditengah pandemic covid-19”. Acara webinar dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2020 pukul 14.00 WIB – 16.00 WIB di ruang rapat Piperaceae, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat secara virtual via Zoom.

Kegiatan ini di pimpin oleh Moderator Dr. Evi Savitri Iriani (Kepala Balittro) dan didampingi para Narasumber diantaranya 1) Prof. Suwijiyo Pramono (Dosen Fakultas Farmasi UGM) dengan tema “Prospek Tanaman Rempah Dan Obat Sebagai Adjuvant Pengobatan Infeksi Covid-19”; 2) Ir. Bagem Sofiana Sembiring (Peneliti Balittro) dengan tema “Pengalaman Riset Sampai Komersialisasi Produk Tro (Studi Kasus Dehaf) ”; dan 3) Ir. Simon Jonatan (Presiden Direktur PT Bintang Toejoe) dengan Tema “Industrialisasi Produk Herbal Mendukung Covid-19”. Dengan jumlah Peserta 759 orang yang berasal dari berbagai profesi diantaranya Penyuluh, Mahasiswa, Aparatur Sipil Negara (ASN), Pengusaha, Pedagang, Dosen/guru, Karyawan swasta, Petani, Wiraswasta, Ibu Rumah tangga, Dokter, Apoteker, Pelajar yang tersebar secara online di seluruh Indoensia.
Kegiatan Webinar online ini selain pemaparan materi oleh narasumber dilakukan pula diskusi interaktif bersama para peserta secara online. Dan diakhiri dengan pembagian Sertifikat yang diberikan secara online.

Harapannya dengan kegiatan Webinar online ini dapat menjadi sumber pengetahuan dalam pengembangan produk herbal berbahan tanaman rempah dan obat ditengah pandemic covid-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *