Bimbingan Teknik Online “ Pengolahan Herbal Menjadi Minuman Fungsional”

Bogor, 08 Mei 2020. Aktivitas pelayanan informasi teknologi Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) di tengah pandemi Covid-19 tetap berjalan dengan diadakannya bimbingan teknik (bimtek) online, dengan tema “Pengolahan Herbal Menjadi Minuman Fungsional”.

Acara dibuka oleh Dra. Nur Maslahah, MSI selaku Kepala Seksi Jasa Penelitian Balittro dan Ir. Bagem Sofiana Sembiring selaku Narasumber yang berprofesi sebagai Peneliti Balittro. Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari berbagai profesi diantaranya Pedagang, Wiraswasta, Penyuluh, ASN, Guru, Mahasiswa, Petani, Pensiunan, Pegawai Swasta, Tenaga Ahli Menteri, Peneliti, dan Ibu Rumah tangga yang tersebar secara online di seluruh Indonesia.

Ir. Bagem Sofiana Sembiring menyampaikan bahwa minuman fungsional adalah minuman yang memiliki efek positif terhadap kesehatan. Pentingnya minuman fungsional diantaranya untuk membantu mengatasi permasalahan kesehatan yang kompleks seperti penyakit menular/tidak menular, munculnya wabah penyakit paru (covid 19), pancaroba akibat perubahan iklim dari panas ke hujan atau sebaliknya, rendahnya kesadaran masyarakat untuk berprilaku sehat, daya tahan tubuh (imun) rendah/kurang dan pemanfaatan potensi sumber daya kearifan lokal. Minuman fungsional terdiri dari komoditas tanaman obat yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Diantaranya

  1. Imunomodulator (daya tahan tubuh) terdapat pada tanaman meniran, temulawak, pegagan, jahe merah dll;
  2. Aprodisiak (stamina/obat kuat) terdapat pada tanaman purwoceng, cabe jawa, pasak bumi, dll;
  3. Degeneratif (penyakit berat) terdapat pada tanaman sambiloto, temulawak, mengkudu, pegagan, kunyit putih, asitaba, dll.

Kegiatan Bimbingan teknis online ini selain pemaparan materi oleh narasumber dilakukan pula diskusi interaktif bersama para peserta secara online. Dan diakhiri dengan pembagian Sertifikat yang diberikan secara online.

Semoga kegiatan Bimbingan Teknis Online yang dilaksanakan oleh Balittro ini merupakan salah satu Media Diseminasi yang efektif untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi teknologi unggulan hasil-hasil penelitian tanaman rempah dan obat. Dan Melalui kegiatan Bimbingan teknis ini terjadi komunikasi secara langsung antara penghasil/sumber inovasi dengan pengguna teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *