Balittro Siap Kembangkan Akar Wangi untuk Konservasi Gunung Halimun

Selasa, 21 Januari 2020, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) menghadiri rapat koordinasi penanganan pasca bencana Gunung Halimun Bogor dan Lebak. BNPB Letjen TNI Doni Monardo memimpin rapat koordinasi penanganan pasca bencana Gunung Halimun Bogor dan Lebak, khususnya terkait perbaikan lingkungan untuk mencegah erosi dan longsor. Hal ini dilakukan untuk menindak lanjuti permintaan Presiden dalam rangka perbaikan pemulihan daerah rawan bencana. Rapat koordinasi dihadiri oleh jajaran BNPB, Kementerian LHK, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, dan Balittro dari Kementerian Pertanian.

Kegiatan koordinasi dimaksud bertujuan untuk membangun kerjasama dengan penanggulangan bencana Kabupaten Bogor dan Lebak, bersama segenap unsur instansi terkait dalam penanggulangan bencana yang meliputi pencegahan resiko timbulnya bencana dan rehabilitasi. Dalam sambutannya Kepala BNPB menyampaikan bahwa salah satu program perbaikan pasca bencana longsor dengan vegetasi tanaman vetiver (akar wangi) dan terkenal dengan Sistem Vetiver. Ini merupakan sistem konservasi tanah dan air yang komponen utamanya menggunakan tanaman akar wangi. Sistem Vetiver digunakan di lebih dari 100 negara untuk konservasi tanah dan air, stabilisasi infrastruktur, pengendalian polusi , pengolahan air limbah , mitigasi dan rehabilitasi, pengendalian sedimen , pencegahan kerusakan badai dan aplikasi perlindungan lingkungan lainnya.

Kepala Balittro, Dr. Ir. Evi Savitri Iriani, M.Si menyampaikan bahwa Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian telah melepas 2 varietas unggul akar wangi yaitu Verina 1 dan Verina 2, yang banyak dikembangkan untuk menghasilkan minyak atsiri. Namun bila varietas akar wangi tersebut dibiarkan, tidak dipanen akan terus tumbuh akarnya dan berfungsi untuk konservasi. Untuk mencegah terjadi pembongkaran akar wangi bila telah di jadikan vegetasi konservasi maka perlu di model polikultur dengan tanaman tahunan khususnya yang bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat. Kepala BNPB merasa senang dengan kerjasama berbagai instansi untuk mendukung perbaikan daerah hulu untuk mencegah bencana dimasa datang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *