Koordinasi Revitalisasi Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Laing, Kota Solok, 16-17 Januari 2020

Dalam rangka memberikan dukungan utama yang optimal terhadap kegiatan inovasi dan penelitian, Kebun Percobaan Laing secara terus menerus melakukan sebuah perubahan-perubahan baik secara manajerial maupun kegiatan teknis. Dukungan tersebut diawali dengan perubahan dinamis coordinator kebun laing yang dipimpin oleh Bapak Unang Mansyur, SP. Dengan semangat baru diharapkan akan membawa perubahan-perubahan kedepan yang lebih positif, berkinerja dan menghasilkan karya nyata.

Pada hari, kamis s.d. Jumat, 16-17 Januari, 2019 telah dilakukan koordinasi revitalisasi IP2TP Laing yang dihadiri oleh seluruh karyawan meliputi para peneliti senior, teknisi litkayasa, pekarya kebun. Acara tersebut turut dihadiri juga oleh Ka Sub Bagian Tata Usaha, Hedi Mediansyah, SE dan Kasi Pelayanan Teknis, Sujianto, S.TP., M.ABM. Poin penting yang dibahas diantaranya: 1) revitalisasi fungsi IP2TP untuk mendukung kegiatan-kegiatan penelitian dan pengkajian, 2) identifikasi potensi, penataan dan optimalisasi kebun percobaan sebagai sumber PNBP, 3) diskusi kepegawaian dan penganggaran, 4) dukungan sarana-prasarana kebun percobaan seperti, rumah kaca, perbaikan penyulingan dan laboratorium.

Kegiatan dilanjutkan dengan studi banding ke Balai Penelitian Tanaman Buah Tropis (Balitbu) tentang pengelolaan UPBS dan Perbenihan. Pengelolaan benih di Balitbu terutama benih sumber telah menerangkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO: 9001: 2015 secara mandiri terpisah dari balainya. Sehingga untuk menjamin mutu UPBS dapat melakukan kegiatan sertifikasi secara mandiri. Koordinasi ini diharapkan menjadi langkah awal strategis maupun teknis untuk menciptakan IP2TP yang handal dengan dukungan seluruh karyawan guna memberikan fasilitas inovasi teknologi serta mendiseminasikannya kepada para pengguna.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *