Walikota Sawahlunto Gandeng Balittro untuk Pengembangan Bioindustri Serai wangi

Dalam upaya mengembalikan kejayaan serai wangi di Kota Sawahlunto, Pemerintah Kota menggandeng Balittro untuk pendampingan program Bioindustri serai wangi. Kerjasama ini sekaligus menindaklanjuti MOU yang sudah ditandatangani antara Kepala Balitbangtan dan Walikota Sawahlunto pada tahun 2018 dalam rangka implementasi inovasi pertanian di Kota Sawahlunto (21/11).

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, Kadis Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Sawahlunto serta Kepala Balittro dan Kasub Bag TU, serta Kepala KP. Laing di diskusikan rencana tindak lanjut MOU yang antara lain meliputi Pendampingan untuk pengembangan kebun induk serai wangi, integrasi kakao serai wangi serta optimalisasi bioindustri serai wangi yang sudah dimulai di Sawahlunto. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) sendiri akan membantu dalam hal pendampingan teknologi dan narasumber baik dalam upaya pemurnian kembali benih serai wangi, pelatihan SOP penyediaan benih serta dalam pengelolaan bioindustri serai wangi mulai dari teknologi penyulingan, pemanfaatan hasil samping berapa pakan dan pupuk ataupun pestisida nabati.

Bapak Walikota berharap agar kegiatan kerjasama ini bisa dikembangkan lebih jauh lagi untuk berbagai komoditas lainnya. Sementra itu Kepala Balittro, Dr Evi Savitri Iriani berjanji akan mendukung penuh kerjasama ini dengan menugaskan KP. Laing untuk pendampingan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *