Partisipasi PUI Tanaman Rempah dan Obat dalam Seminar Internasional Pemuliaan Mutasi

Segunung, 7 November 2019 Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) ikut berpartisipasi dalam acara Seminar Internasional Pemuliaan Mutasi dengan tema “The Use of Mutation and Molecular Techniques to Produce Superior Varieties of Ornamental Plants”. Seminar ini diadakan oleh Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) bekerjasama dengan Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) dan International Atomic Energy Agency (IAEA). Kegiatan ini diikuti oleh 17 negara diantaranya Bangladesh, Kamboja, Laos, Korea, Thailand, Srilanka, Cina, Mongolia, Malaysia, Myanmar, Filipina, India, Nepal, Pakistan, Malawi, Togo, dan Indonesia. Dua Peneliti dari Kelti Pemuliaan Tanaman Balittro yaitu Mariana Susilowati, M.Si. dan Rubi Heryanto, M.Agr. mendapatkan kesempatan mewakili PUI Tro untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Acara seminar dibuka secara resmi oleh Ir. Rudy Soehendi, M.P., Ph.D. selaku Kepala Balithi.

Materi pertama dalam seminar ini berjudul Application of molecular markers and gene mapping in horticultural crops oleh Dr. Yunbi Xu (IAEA). Prof. Dr. Soeranto (BATAN) juga memberikan materi yaitu BATAN as IAEA collaborating center for plant mutation breeding. Perwakilan perguruan tinggi di Indonesia juga turut memberikan materi dengan judul The development and potential use of molecular marker in plant breeding and mutant identification. Materi ini dipresentasikan oleh Prof. Dr. Ir. Sudarsono, M.Sc. dari IPB. Perwakilan dari Balithi yaitu Dr. Ridho Kurniati, S.P., M.Si. juga turut memeriahkan acara ini dengan materi berjudul The use of MAS for selection of Chrysanthemum/orchid mutants resulted from irradiation application.
Semua peserta dari 17 negara sangat antusias terhadap materi yang dibawakan oleh keempat presentator. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan peran mutasi dan molekuler dalam kegiatan pemuliaan tanaman dalam menghasilkan varietas unggul berkualitas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *