Masa Depan Cerah UPBS Balittro

Bogor, 30 Oktober 2019 Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) mengadakan seminar rutin dengan narasumber Drs. Cheppy Syukur selaku koordinator UPBS (Unit Pengelola Benih Sumber) Balittro. Seminar dibuka oleh Dra. Nur Maslahah, M.Si. selaku Kasie Jasa Penelitian Balittro. Beberapa tahun terakhir ini merupakan tahun benih yang merupakan salah satu usaha Kementerian Pertanian dalam mengembalikan kejayaan rempah Indonesia. UPBS memiliki peranan yang sangat penting dalam penyediaan benih dasar terutama untuk para pelaku usaha penangkar benih.
Penyediaan benih oleh UPBS dibantu dengan pembangunan kebun induk di beberapa kebun percobaan Balittro antara lain: kebun induk lada & vanili (KP. Sukamulya), kebun induk nilam & seraiwangi (KP. Manoko & KP. Laing), kebun induk temulawak & kunyit (KP. Cibinong). Pembangunan kebun induk di bawah pengawasan Pelayanan Teknis Balittro.
Pencapaian UPBS tahun 2019 dibuktikan oleh setoran PNBP UPBS yang melewati target yang telah ditetapkan. Selain itu perbaikan beberapa sarana dan prasarana UPBS juga sudah banyak dilakukan. Penambahan fasilitas dan penataan ruang UPBS mulai dilakukan pada tahun ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *