Balittro di acara FGD Genjot Potensi Tanaman Perkebunan di Lahan Rawa

PUSLITBANGBUN selenggarakan FGD untuk Genjot Potensi Tanaman Perkebunan di Lahan Rawa  dalam rangka mendukung Program SERASI. Acara dibuka oleh Kepala Puslitbangbun Ir. Syafaruddin, PhD dan menghadirkan narasumber dari Akademisi, Ditjen Bun, Ditjen PSP, Praktisi (Industri gula) serta Pemda Sumsel.

Balittro ikut menghadiri acara diskusi yang cukup hangat diawali dengan paparan potensi lahan rawa dilanjutkan dengan teknologi yang sudah di implementasi di lapang serta teknologi yang potensial.

Khusus untuk tanaman rempah dan obat yang potensial dikembangkan di lahan rawa antara lain lada yang sudah terbukti mampu tumbuh baik di lahan gambut maupun pasang surut. Tanaman lain adalah serai wangi juga bisa tumbuh dengan baik. Khusus tanaman obat umur pendek seperti jahe, serai dapur  juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman sela karena tanaman ini bisa tumbuh subur di lahan gambut dangkal.

Ke depan diharapkan bahwa komoditas perkebunan juga bisa menjadi tanaman yang juga bisa menjadi bagian dari Program SERASI tinggal memilih komoditas yang potensial.

Perlu sinergi antar instansi mulai dari lingkup internal Balitbangtan, lingkup Kementan dan juga sinergi Pemda maupun Kementerian lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *