Pendampingan Teknis Kultur Jaringan Vanili dan Nilam

Jawa Tengah, 15-18 Oktober 2019. Peneliti Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) Dra. Endang Hadipoetyanti, MS melakukan Pendampingan Teknis Kultur Jaringan Vanili dan Nilam di Balai Benih Perkebunan, Dinas Pertanian dan Perkebunan Prov.Jawa Tengah. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Benih Perkebunan Bapak. Ir. Maruli Pakpahan MSc.

Kegiatan ini dalam rangka in house training kultur jaringan vanili dan nilam untuk adopsi teknologi kultur jaringan vanili dan nilam, dengan jumlah peserta 11 orang terdiri dari petugas teknis laboratorium dan staf teknis Balai Benih Perkebunan Salatiga , Dinas Pertanian Provinsi Jawa  Tengah.
Pelaksanaan

Pendampingan teknis ini dilaksanakan selama 4 hari dengan agenda  materi yang disampaikan oleh narasumber diantaranya 1) Teori umum Bioteknologi Kultur Jaringan untuk Vanili dan Nilam mulai dari laboratorium, bahan kimia, zat pengatur tumbuh, pembuatan media sterilisasi, penanaman eksplan dan aklimatisasi; 2) Pembuatan media kultur jaringan vanili dan nilam untuk induksi kalus dan tunas; 3) Penanganan ekplan, sterilisasi eksplan, penanaman / kultur eksplan. Teori, praktek dan diskusi; 4) Aklimatisasi: pemindahan eksplan/ tanaman kecil dari lingkungan yang steril/ aseptik ke lapang yang tidak steril; 5)dilanjutkan dengan Praktek dan Diskusi Interaktif.

Harapannya dari kegiatan ini ilmu yang didapatkan dapat diterapkan dan  menambah wawasan bagi petugas teknis laboratorium.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *